Rabu, 20 Desember 2017

CONTOH PROPOSAL PENGADAAN RUANG PERPUSTAKAAN


Kop Lembaga

=======================================           



A.      LATAR BELAKANG
Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) mengamanatkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai lembaga pendidikan dasar merupakan bagian dari sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.
Penyelenggaraan pendidikan melalui Madrasah Ibtidaiyah (MI) di berbagai daerah ternyata memiliki peranan penting dan terbukti banyak memberikan kontribusi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah SWT.
Mengingat arti pentingnya peranan madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, maka sudah sepatutnya MI ......................... tampil mempersiapkan generasi muda yang memiliki pengetahuan agama Islam dan ilmu pengetahuan umum.
Dalam rangka membantu pemerintah menuntaskan program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, maka MI ......................... merasa ikut bertanggung jawab dalam pelaksanaan program tersebut dan diimplementasikan melalui jalur pendidikan dasar yang disebut Madrasah Ibtidaiyah.
Selain dari pada itu, MI ......................... juga terletak di daerah yang mayoritas berpenduduk islam, sudah barang tentu penyelenggaraan pendidikan seperti ini sangat cocok dengan keadaan dan kultur masyarakat yang ada. Berangkat dari semua hal di atas itulah yang menjadi pemikiran penyusunan proposal permohonan dana Pembangunan Ruang Perpustakaan MI ......................... Desa ……….. Kecamatan ……… Kabupaten  …………..Provinsi ……………...
Adapun yang menjadi Dasar Hukum kegiatan ini adalah:
1.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Undang- Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
3.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.      Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.
5.      Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dan segala perubahannya.
6.      Keputusan Mendiknas Nomor 44/U/2003 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Pengadaan Ruang Perpustakaan  MI ......................... Desa Sukorejo Kecamatan  Gandusari Kabupaten Trenggalek, yakni : Satu (1) Ruang  mencakup:
1.      Pekerjaan Dag
2.      Pekerjaan Slup 
3.      Pekerjaan Keramik Dinding
4.      Pekerjaan Pintu dan Jendela  
(profil lembaga terlampir)
C.        MAKSUD DAN TUJUAN
1.    Mencerdaskan bangsa dan mengembangkan peserta didik menjadi generasi yang beriman, berakhlaqul karimah, memiliki kemampuan dan keterampilan, sehingg diharapkan dapat mewujudkan kepribadian yang bertanggungjawab terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.  Agar kegiatan belajar mengajar menjadi dinamis dan kondusif, sesuai dengan harapan masyarakat.
3.       Meningkatkan pendidikan dan pengetahuan bagi anak-anak usia sekolah
4.    Meningkatkan fungsi dan peran Madrasah Ibtidaiyah dalam membentuk dan sumber daya manusia yang berkualitas.
5.   Memberi dan memperluas kesempatan kepada anak-anak usia sekolah untuk menikmati pendidikan islam melalui sarana dan fasilitas ruang belajar yang layak, sehingga akan terwujud generasi yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas, menguasai teknologi, terampil,  disiplin, tanggung jawab, mandiri dan aqidah yang kuat serta berakhlak yang mulia.

Pelaksanaan Kegiatan  Pengadaan Ruang Perpustakaan MI .........................  adalah selama ……… hari (….. bulan) pada …………..(bln, th).
Langkah-langkah Kegiatan :
1.      Tahap Persiapan/Pembongkaran
2.      Tahap Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan
3.      Tahap Pemeriksaan Kualitas
4.      Tahap Pemeliharaan
Adapun panitia pembangunan Ruang Perpustakaan baru yang bertanggungjawab atas kelancaran pelaksanaan pembangunan, keanggotaanya terdiri dari unsur pengurus, dewan guru, komite sekolah, wali murid dan tokoh masyarakat sekitar. Adapun penjelasan mengenai susunan panitia (terlampir).

(terlampir)

            Untuk terpenuhinya kebutuhan tersebut, kami buat rencana anggaran sebagai berikut dengan jumlah total anggaran Rp. 125,000,000,- (seratus dua puluh lima juta rupiah) (terlampir)

Demikian proposal ini kami susun dan kami ajukan dengan harapan dapat dijadikan bahan pertimbangan Bapak, sehingga permohonan kami dapat dikabulkan dan akhirnya semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita semua.

========================================================
FILE LENGKAP LIHAT DISINI:

  1. SAMPUL 
  2. SURAT PENGANTAR
  3. KATA PENGANTAR
  4. PROPOSAL
  5. SURAT PERNYATAAN BELUM DIBANTU
  6. GAMBARAN UMUM
  7. GAMBAR PENDUKUNG 
  8. STRUKTUR ORGANISASI
  9. STRUKTUR KOMITE 
  10. SUSUNAN PANITIA
  11. RAB 1
  12. RAB II
Atau baca juga PANDUAN KERJA KEPPALA SEKOLAH

Demikian Contoh Proposal Pengadaan Ruang Perpustakaan  yang dapat MI Nurul Huda Bansung bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu, dan perlu diketahui bahwa  Contoh Proposal Pengadaan Ruang Perpustakaan ini adalah sekedar contoh dan hanya kurang lebih seperti tersebut di atas.

Terimaksih atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar