Senin, 23 Oktober 2017

PP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA SD/MI

PP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA SD/MI


PENGERTIAN BAHAN AJAR
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.  Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.   
(National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).

Mengapa guru perlu mengembangkan Bahan Ajar?
Guru harus memiliki atau menggunakan bahan ajar yang sesuai  dengan : 
 1. Kurikulum,  
 2. Karakteristik sasaran, 
 3. Tuntutan pemecahan masalah belajar.

Tujuan dan Manfaat Penyusunan Bahan Ajar
Bahan ajar disusun dengan tujuan:
1. Menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan              kebutuhan peserta didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau                  lingkungan sosial peserta didik;
2. Membantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang       terkadang sulit diperoleh;
3. Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. 

Manfaat  Bagi Guru
1. Diperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta       didik; 
2. Tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit diperoleh; 
3. Memperkaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi; 
4. Menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar; 
5. Membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan peserta didik karena                peserta didik akan merasa lebih percaya kepada gurunya;
6. Menambah angka kredit jika dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan. 

Manfaat Bagi Peserta Didik
1. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik;
2. Kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran              guru;  
3. Mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya. 

Prinsip Pengembangan
1. Mulai dari yang mudah untuk memahami yang sulit, dari yang kongkret untuk memahami yang          abstrak; 
2. Pengulangan akan memperkuat pemahaman;
3. Umpan balik positif akan memberikan penguatan terhadap pemahaman peserta didik;
4. Motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar;
5. Mencapai tujuan ibarat naik tangga, setahap demi setahap, akhirnya akan mencapai ketinggian            tertentu; 
6. Mengetahui hasil yang telah dicapai akan mendorong peserta didik untuk terus mencapai tujuan.

Jenis Bahan Ajar
1. Bahan ajar pandang (visual) terdiri atas bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku, 
    modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, dan non cetak (non printed), 
    seperti model/maket.  
2. Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio. 
3. Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti  video compact disk, film.  
4. Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material)  seperti CAI (Computer Assisted   
   Instruction), compact disk (CD) multimedia pembelajaran interaktif, dan bahan ajar berbasis web 
   (web based learning materials).

Teknik Penyusunan Bahan Ajar
1. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar 
2. Analisis SK-KD-Indikator
3. Analisis Sumber Belajar
4. Pemilihan dan Penentuan Bahan Ajar 

File PP silahkan ambil SINI
Manfaat Bagi Peserta Didik M
anfaat Bagi Peserta Didik

Mengapa guru perlu mengembangkan Bahan Ajar? Mengapa guru perlu mengembangkan Bahan Ajar?

0 komentar:

Posting Komentar