Jumat, 13 Oktober 2017

DOWNLOAD CONTOH STANDAR ADMINISTRASI MADRASAH

DOWNLOAD CONTOH STANDAR ADMINISTRASI MADRASAH 


Sudah kita ketahui bersama bahwa Akreditasi Sekolah/ Madrasah  adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Akreditasi juga merupakan  suatu proses yang berkesinambungan dari evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan (“Accreditation is a continuous process of self-evaluation, reflection, and improvement). Akreditasi dapat juga diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk beroperasai dan menyelenggarakan program-programnya.

Namun sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila dalam menhgadapi Akreditasi Sekolah/Madrasah sering kali mengalami kesulitan dan menjadikan momok bagi penyelenggara dengan alasan belum siap menghadapi pisitasi asoser., 

Dalam hal ini ketidaksiapan Sekolah/Madrasah berawal dari kekurang siapan dan ketersediaan bukti pisik yang ada, kasus yang terjadi disisi bukan karena Sekolah/Madrasah yang tidak melaksanakan Administrasi tersebut akan tetapi lebih diakibatkan kurangnya penataan Managemen dan pengelolaan Administasi Sekolah/Madrasah.

Sebenarnya Madrasah melaksanakan program program yang telah disusun, akan tetapi mereka tidak punya bukti pisik yang diminta asesor.

Paling tidak terdapat empat (4) Standar Administrsi Madrasah yang harus disiapkan dan dipenuhi oleh sebuah Madrasah agar mencapai Standar Pendidikan Madrasah yang layak selenggara.
Adapun Standar Administrasi Madrrasah tersebut diantarannya:

1. Standar Administrasi Bidang Umum
2. Standar Administrasi Bidang Pengajaran
3. Standar Administrasi Bidang Kesiswaan
4.Standar Administrasi Bidang Tendik

Apabial Sekolah/Madrasah telah melaksanakan ke-empat Administrasi ini dengan tertib dengan meninggalkan arsip dalam setiap kegiatan Administrasinya niscaya Sekolah Madrasah akan selalu siap secara pisik dalam menghadapi Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Baiklah disini MI Nurul Huda Bandung akan membagikan ke-Empat Standar Administrasi tersebut, namun tentunya karena keterbatasan waktu akan MI Nurul Huda Bandung bagikan secara bertahap.

Silahkan Download di Link Berikut:

A. STANDAR ADMINISTRASI BIDANG UMUM

  1. BUKU KEGIATAN KEPALA MADRASAH
  2. BUKU PENGUMUMAN
  3. AGENDA SURAT
  4. BUKU PENGARSIPAN SURAT MASUK 
  5. BUKU PENGARSIPAN SURAT KELUAR
  6. BUKU EKSPEDISI
  7. BUKU TAMU KHUSUS
  8. BUKU TAMU UMUM
  9. DAFTAR KODE PENOMERAN SURAT
  10. Notulensi Rapat Dinas
  11. Notulensi Rapat Dinas
  12. Buku Profil Madrasah
B. STANDAR ADMINISTRASI BIDANG PENGAJARAN

C. STANDAR ADMINISTRASI BIDANG PENGAJARAN BIDANG KESISWAAN

  1. ......
  2. .....
  3. ....

D. STANDAR ADMINISTRASI BIDANG PENGAJARAN BIDANG TENDIK

  1. ....
  2. ....
  3. ....
Demikian Download Contoh Standar Administrasi Pengajaran Sekolah/ Madrasah yang dapat MI Nurul Huda Bandung Bagikan, semoga bermanfaat.

Berbagi Itu Indah.

0 komentar:

Posting Komentar