Jumat, 27 Oktober 2017

PERATURAN, TATA TERTIB DAN KODE ETIK

PERATURAN, TATA TERTIB DAN KODE ETIK


Selamat malam rekan pengunjung yang berbahagia, apa kabar ? semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt. 

Kali ini MI Nurul Huda Bandung akan berbagi seputar Peraturan, tata tertib dan Kode Etik yang tentunya kita sebagi pendidik adalah Peraturan Sekolah, Tata tertib Sekolah dan Kode Etik di Sekolah.
Namun sebelum pada File yang dimaksud alangkah baiknya mari kita simak terlebih dahulu apa yang dimakksud dengan Pereturan, Tata Tertib dan Kode Etik berikut ini.

Kita manusia merupakan mahluk sosial sehingga dalam kesehariannya selalu berinteraksi dengan orang lain. Karena interaksi anatar manusia tersebut, maka dibutuhkan sesuatu yang bersifat mengatur dan mengikat manusia-manusia tersebut untuk selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Peraturan dibuat untuk mengatur manusia - manusia yang terdapat dalam satu kelompok untuk menghindari sikap brutal, mau menang sendiri, dll. 

“Peraturan adalah perangkat yang berisi patokan dan ketentuan untuk dijadikan pedoman yang merupakan hasil dari keputusan yang telah disepakati dalam suatu organisasi yang bersifat mengikat, membatasi dan mengatur dan harus ditaati serta harus dilakukan untuk menghindari sangsi dengan tujuan menciptakan ketertiban, keteraturan, dan kenyaman”.

Sedangkan menurut kamus besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa : Peraturan adalah ketentuan yang mengikat warga kelompok masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan kendalikan tingkah laku yang sesuai dan diterima: setiap warga masyarakat harus menaati aturan yang berlaku; atau ukuran, kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau membandingkan sesuatu

Menurut Depdikbud (1989) pengertian tata tertib sekolah adalah aturan atau peraturan yang baik dan merupakan hasil pelaksanaan yang konsisten (tatap azas) dari peraturan yang ada. Menurut Mulyono (2000) tata tertib adalah kumpulan aturan–aturan yang dibuat secara tertulis dan mengikat anggota masyarakat. Aturan–aturan ketertiban dalam keteraturan terhadap tata tertib sekolah, meliputi kewajiban, keharusan dan larangan–larangan.

Tata tertib sekolah merupakan patokan atau standar untuk hal–hal tertentu. Sesuai dengan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 158/C/Kep/T.81 Tanggal 24 September 1981 (Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, 1989:145) ketertiban berarti kondisi dinamis yang menimbulkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan dalam tata hidup bersama makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Ketertiban sekolah tersebut dituangkan dalam sebuah tata tertib sekolah.

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang (1989) mengartikan tata tertib sekolah: sebagai kesediaan mematuhi ketentuan berupa peraturan–peraturan tentang kehidupan sekolah sehari–hari. Tata tertib sekolah disusun secara operasional guna mengatur tingkah laku dan sikap hidup siswa, guru dan karyawan administrasi.

Secara umum tata tertib sekolah dapat diartikan sebagai ikatan atau aturan yang harus dipatuhi setiap warga sekolah tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Pelaksanaan tata tertib sekolah akan dapat berjalan dengan baik jika Guru, aparat sekolah dan siswa telah saling mendukung terhadap tata tertib sekolah itu sendiri, kurangnya dukungan dari siswa akan mengakibatkan kurang berartinya tata tertib sekolah yang diterapkan di sekolah.

Kode etik adalah merupakan suatu bentuk aturan tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada dan pada saat yang dibutuhkan akan dapat difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika-rasional umum (common sense) dinilai menyimpang dari kode etik. Dengan demikian kode etik adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control”, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.

Terimakasih telah mengikuti bahasan diatas terkait Pereturan, Tata Tertib dan Kode Etik, dan beikut silahkan download contoh  Pereturan, Tata Tertib dan Kode Etik.

Download pada  link berikut sesuai nama filenya.

Demikian dan terimakasih atas kunjngannya semoga brmanfaat, 
Berbagi Itu Indah.

0 komentar:

Posting Komentar