Senin, 04 September 2017

MAKALAH: MONGOLIA, JENGISKAN DAN HULAGU

MAKALAH: MONGOLIA, JENGISKAN DAN HULAGU
 Selamat siang selamat beraktifitas, kali ini Admin akan berbagi Contoh Makalah tentang Mongolia, Jengiskan dan Hulagu.
=======================================================================



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Masa khilafah Abbasiyah dielu-elukan sebagai masa keemasan Islam. Karena pada masa ini kemajuan dalam berbagai bidang sangat pesat. Namun jatuhnya kota Baghdad pada tahun 1258 M ke tangan bangsa Mongol bukan saja mengakhiri khilafah Abbasiyah di sana, tetapi juga merupakan awal dari masa kemunduran politik dan peradaban Islam, karena Baghdad sebagai pusat kebudayaan dan per-adaban Islam yang sangat kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan itu ikut lenyap dibumihanguskan Mongol yang dipimpin Hulagu Khan.[1] Namun meski demikian, serangan Mongol hanyalah sebuah pamungkas yang menghancurkan kekhalifahan.[2] Karena benih-benih kemunduran dan kehancuran sebenarnya muncul dari kekhalifahan Abbasiyah itu sendiri. Hal ini bisa dilihat dari banyak bermunculan dinasti yang semakin melemahkan stabilitas pemerintahan Abbasiyah saat itu.
Berakhirnya kekuasaan Dinasti Saljuk atas Baghdad atau Khilafah Abbasyiah merupakan awal dari periode kelima. Pada periode ini Khalifah Abbasyiah tidak lagi berada di bawah kekuasaan satu dinasti tertentu. Walaupun banyak sekali Dinasti Islam berdiri ada yang besar namun yang banyak adalah dinasti-dinasti kecil. Perpecahan-perpecahan yang terjadi inilah membuat lemahnya Dinasti Abbasyiah, sehingga pada masa inilah Bangsa Mongol dan Tartar menyerang Baghdad. Baghdad hancur lebur akibat serangan Mongol yang kejam, bengis dan tidak berperikemanusiaan itu. Dengan demikian berakhirlah kekuasaan Bani Abbasyiah setelah berkuasa selama 500 tahun lamanya.
Orang Mongol, yang terdiri dari kelompok-kelompok klan yang berdiri sendiri, pada awalnya hidup di dataran tinggi sebelah utara Gurun Gobi. Sesekali mereka menyerang Cina atau menjarah kafilah yang menyusuri jalur sutera yang menghubungkan Cina, Persia dan India.


[1] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998), . 111.
[2] Philip K. Hitti, History of The Arabs (terj.), (Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005),  616
Silahkan download file doc berikut sebagai referensi rekan rekan dalam membuat makalah terkait materi tersebut.

Berikut Link Downloadnya untuk mendapatkan file doc. yang dimaksud.:

DOWNLOAD

Terimakasih atas kunjungannya semoga bermnfaat.
Berbagi itu indah.

MI Nurul Huda Bandung Sukorejo

0 komentar:

Posting Komentar