Senin, 04 September 2017

MAKALAH TENTANG KURIKULUM 2013

MAKALAH TENTANG KURIKULUM 2013



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum terhadap kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat di pandang sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam.
Kurikulum sebagaimana yang ditegaskan dalam Pasal 1 ayat (19) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.  [1]
  Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan dari Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara terpadu.[2]
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa landasan kurikulum 2013?
2.      Bagaimana karakteristik kurikulum 2013?
3.      Bagaimana proses pembelajaran kurikulum 2013?
4.      Bagaimana bentuk penilaian pada kurikulum 2013?
C.    TUJUAN MASALAH
1.      Untuk mengetahui landasan kurikulum 2013.
2.      Untuk mengetahui karakteristik kurikulum 2013.
3.      Untuk menetahui proses pembelajaran kurikulum 2013.
4.      Untuk mengetahui bentuk penilaian kurikulum 2013.
D.    BATASAN MASALAH
Pada makalah ini kami membatasi permasalahan sebagai berikut:
1.      Landasan kurikulum 2013.
2.      Karakteristik kurikulum 2013.
3.      Proses pembelajaran kurikulum 2013.
4.      Bentuk penilaian kurikulum 2013.

 BAB II
PEMBAHASAN

A.      Landasan Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis, landasan filosofis, landasan empirik dan landasan teoritik. Landasan filosofis adalah landasan yang mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum. Landasan teoritik memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan kurikulum sebagai dokumen dan proses. Landasan empirik memberikan arahan berdasarkan pelaksanaan kurikulum yang sedang berlaku dilapangan.[1]
1.      Landasan Yuridis
Landasan yuridis kurikulum adalah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, PP.No.19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 tahun 2006 tentang standar isi. Lebih lanjut, pengembangan kurikulum tahun 2013 diamanatkan oleh Rencana Pendidikan Menengah Nasional (RJPMN). Landasan yuridis pengembangan kurikulum 2013 lainnya adalah Instruksi Presiden Republik       Indonesia tahun 2010 tentang pendidikan karakter, pembelajaran aktif dan pendidikan kewirausahaan. Landasan Yuridis merupakan ketentuan hukum yang dijadikan dasar untuk pengembangan kurikulum dan yang mengharuskan adanya pengembangan kurikulum baru.
2.      Landasan Filosofis
Secara singkat kurikulum bertujuan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa akan datang, yang dikembangkan dari warisan nilai dan prestasi bangsa dimasa lalu, kemudian diwariskan serta dikembangkan untuk kehidupan masa depan. Ketiga dimensi kehidupan bangsa, masa lalu, sekarang dan masa mendatang menjadi landasan filosofis pengembangan kurikulum. Pewarisan nilai dan prestasi bangsa dimasa lampau memberikan dasar bagi pengembangan dan pembangunan kualitas kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang. Dengan tiga dimensi kehidupan tersebut, kurikulum selalu menempatkan peserta didik sebagai warga negara yang tidak kehilangan kepribadian dan kualitas untuk kehidupan masa kini dan masa mendatang yang lebih baik.
3.      Landasan Empiris
Pada saat ini perekonomian indonesia terus tumbuh ditengah bayang-bayang resesi dunia. Pertumbuhan ekonomi indonesia harus terus ditingkatkan. Generasi muda berjiwa usaha yang tangguh, kreatif ,ulet, jujur dan mandiri sangat diperlukan untuk memantapkan pertumbuhan ekonomi indonesia dimasa depan. Generasi semacam ini tidak muncul karena seleksi alam, namun karena hasil pendidikan pada tiap jenjang satuan pendidikan dengan kurikulum sebagai pengarahnya. Kurikulum harus mampu membentuk manusia indonesia yang mampu menyeimbangkan kebutuhan individu dan masyarakat untuk memajukan jati diri sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan kebutuhan untuk berintegrasi sebagai satu entitas bangsa Indonesia. Kurikulum seharusnya juga diarahkan untuk membangun kesadaran serta kepedulian generasi muda terhadap lingkungan alam dan menumbuhkan kemampuan untuk memecahkan masalah secara kreatif terhadap isu-isu yang berkembang.
4.      LandasanTeoritik
Kurikulum 2013 dikembangkan atas dasar “pendidikan berdasarkan standar” (standar based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi. Pendidikan berdasarkan standar adalah pendidikan yang menetapkan standar nasional sebagai kualitas minimal warga negara  untuk suatu jenjang pendidikan. Kurikulum dikembangkan agar peserta didik mampu mencapai kualitas standar nasional atau diatasnya. Standar kualitas nasional dinyatakan sebagai standar kompetensi lulusan. Standar kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Kompetensi merupakan kemampuan seseorang untuk bersikap, menggunakan pengetahuan dan ketrampilan untuk melaksanakan suatu tugas disekolah, masyarakat dan lingkungan dimana yang bersangkutan berinteraksi. Kurikulum 2013 dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya kepada peserta didik, untuk mengembangkan sikap, pengetahuan,dan ketrampilan yang diperlukan untuk membangun kemampuan yang dirumuskan dalam SKL. Hasil dari pengalaman tersebut adalah hasil belajar peserta didik yang menggambarkan manusia dengan kualitas yang dinyatakan dalam SKL.[2]

B.       Karakteristik kurikulum 2013
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL.[3] Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum .
            Kompetensi untuk kurikulum 2013 dirancang sebagai berikut :
1.      Isi atau konten kurikulum dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.
2.    Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan  yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi inti adalah kualitas yang harus dimiliki peserta didik untuk tiap kelas melalui pembelajaran KD yang diorganisasikan dalam proses pembelajaran aktif.
3.    Kompetensi dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu tema untuk SD/MI,dan untuk mata pelajaran dikelas tertentu untuk SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK.
4.    Kompetensi Inti (KI) menjadi unsur organisatoris (organizing elements) kompetensi dasar yaitu semua KD dan proses pembelajaran dikembagkan untuk mencapai dalam kompetensi inti.
5.    Kompetensi dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
6.    Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk satu tema (SD/MI) atau satu kelas dan satu mata pelajaran (SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata pelajaran dikelas tersebut.
7.    Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dikembangkan dari setiap KD yang untuk mata pelajaran dan kelas tersebut.[4]
=======================================================================
untuk file lengkap dalam bentuk Word yang dapat di edit monggo di donwload saja linknya di bawah ini:



3. BAB. III

[1] Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki, Materi...19
[2]  Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki, Materi,
 [3] Ibid,…19



[1] Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maliki, Materi PLPG,Malang,UIN Maliki Pres,2013,19

Demikian terimakasih semoga bermanfaat  dan dapat membantu.
Berbagi itu indah.



0 komentar:

Posting Komentar