FOTO KEGIATAN

FOTO KEGIATAN
documentasi

Mengenai Saya

Rabu, 31 Januari 2018

RPP KELAS 4 SEMESTER 2 TEMA 7

RPP KELAS 4 SEMESTER 2  TEMA 7 SUBTEMA 1 SAMPAI SUBTEMA 3


Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat pagi selamat sua kembali bersama MI Nurul Huda Bandung, yang dalam postingan kali ini akan berbagi seputar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP adalah adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar atau Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

Baik langsung saja berikut contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang  untuk di gunakan sebagi acuan pembuatan RPP bapak/ibu, namun apabila bpk/ibu menghendaki file lengkap dalam bentuk word yang sangat mudah untuk diedit sesuai kebutuhan bapak/ibu silakhan dapat di download pada link di bawah.postingan ini
Contoh:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tema 7 Subtema 1


Satuan Pendidikan                 : MI NURUL HUDA BANDUNG
Kelas/ Semester                      : IV / I.
Tema                                         : Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema                       : Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Alokasi Waktu                         : ... × Jam Pelajaran (JP).

A.   Kompetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4.             Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4. Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4. Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4. Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia
3.7.             Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.7.             Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.3.             Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3. Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.2.             Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2. Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
Seni Budaya dan Prakarya
3.2.             Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2.             Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
C.   Indikator                                   :  1.   Menjelaskan tentang keberagaman suku di Indonesia.
2.   Menjelaskan tentang keragaman alat transportasi.
3.   Menjelaskan tentang pengertian gaya.
4.   Menjelaskan tentang pengertian tempo.
5.   Menyanyikan lagu “Ampar-Ampar Pisang”.
D.   Tujuan Pembelajaran             :  1.   Siswa dapat menyebutkan keberagaman suku di Indonesia.
2.   Siswa dapat menyebutkan keragaman alat transportasi.
3.   Siswa dapat menyebutkan pengertian gaya.
4.   Siswa dapat menyebutkan jenis tempo.
5.   Siswa dapat menyanyikan lagu “Ampar-Ampar Pisang”.
E.   Materi Ajar                                :  1.   Keberagaman suku di Indonesia.
2.   Keragaman alat transportasi.
3.   Pengertian gaya.
4.   Jenis tempo
5.   Menyanyikan lagu “Ampar-Ampar Pisang”.
F.   Metode Pembelajaran             : Memahami dialog dan tanya jawab.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran  1
1.   Pendahuluan                     : (10 menit).
a.   Berdoa bersama.
b.   Mengamati gambar.
2.   Kegiatan Inti                      : (50 menit).
Mengamati
Siswa mengamati bacaan tentang “Keberagaman Suku di Indonesia”.
Menanya
Siswa bertanya kepada guru tentang pikiran paragraf.
Mengeksplorasi
Siswa mencari informasi tentang “Mengenal Suku Minang”.
Mengasosiasi
Siswa menganalisa tentang keragaman alat transportasi.
Mengomunikasikan
Menyebutkan macam-macam gaya.
3.   Kegiatan Penutup            : (10 menit).
a.   Siswa dan guru melakukan refleksi bersama.
b.   Siswa menulis untuk tugas di rumah.
Pembelajaran  2
1.   Pendahuluan                     : (10 menit).
a.   Berdoa bersama.
b.   Mengamati gambar.
2.   Kegiatan Inti                      : (50 menit).
Mengamati
Siswa mengamati bacaan tentang “menunjukkan gaya otot”.
Menanya
Siswa bertanya kepada guru tentang pengertian gaya.
Mengeksplorasi
Siswa mencari informasi tentang macam gaya.
Mengasosiasi
Siswa menganalisa tentang “Mengenal Suku Badui”.
Mengomunikasikan
Menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko”.
3.   Kegiatan Penutup            : (10 menit).
a.   Siswa dan guru melakukan refleksi bersama.
b.   Siswa menulis untuk tugas di rumah.
Pembelajaran  3
1.   Pendahuluan                     : (10 menit).
a.   Berdoa bersama.
b.   Mengamati gambar.
2.   Kegiatan Inti                      : (50 menit).
Mengamati
Siswa mengamati bacaan tentang “Faktor Penyebab Keragaman Suku Di Indonesia”.
Menanya
Siswa bertanya kepada guru tentang keragaman suku Di Indonesia.
Mengeksplorasi
Siswa mencari informasi tentang jumlah suku di Indonesia.
Mengasosiasi
Siswa menganalisa tentang keragaman suku.
Mengomunikasikan
Membedakan keberagaman suku di Indonesia.
3.   Kegiatan Penutup            : (10 menit).
a.   Siswa dan guru melakukan refleksi bersama.
b.   Siswa menulis untuk tugas di rumah.
Pembelajaran  4
1.   Pendahuluan                     : (10 menit).
a.   Berdoa bersama.
b.   Mengamati gambar.
2.   Kegiatan Inti                      : (50 menit).
Mengamati
Siswa mengamati bacaan tentang macam budaya.
Menanya
Siswa bertanya kepada guru tentang “Kemajuan teknologi dan ilmu pegetahuan”.
Mengeksplorasi
Siswa mencari informasi tentang suku keberagaman di Indonesia.
Mengasosiasi
Siswa menganalisa tentang ide pokok paragraf.
Mengomunikasikan
Mempraktikkan cara menggunakan bahasa daerah yang benar.
3.   Kegiatan Penutup            : (10 menit).
a.   Siswa dan guru melakukan refleksi bersama.
b.   Siswa menulis untuk tugas di rumah.
Pembelajaran  5
1.   Pendahuluan                     : (10 menit).
a.   Berdoa bersama.
b.   Mengamati gambar.
2.   Kegiatan Inti                      : (50 menit).
Mengamati
Siswa mengamati bacaan tentang “Not Balok”.
Menanya
Siswa bertanya kepada guru tentang pengertian tempo.
Mengeksplorasi
Siswa mencari informasi tentang persatuan dan kesatuan.
Mengasosiasi
Siswa menganalisa tentang notasi balok.
Mengomunikasikan
Menyanyikan lagu “Ampar-Ampar Pisang”.
3.   Kegiatan Penutup            : (10 menit).
a.   Siswa dan guru melakukan refleksi bersama.
b.   Siswa menulis untuk tugas di rumah.
Pembelajaran  6
1.   Pendahuluan                     : (10 menit).
a.   Berdoa bersama.
b.   Mengamati gambar.
2.   Kegiatan Inti                      : (50 menit).
Mengamati
Siswa mengamati bacaan tentang Karnaval, Sintang Indonesia Mini”.
Menanya
Siswa bertanya kepada guru tentang gagasan pokok paragraf.
Mengeksplorasi
Siswa mencari informasi tentang lagu Daerah Indonesia.
Mengasosiasi
Siswa menganalisa tentang tempo nada.
Mengomunikasikan
Menyanyikan lagu “Injit-Injit Semut”.
3.   Kegiatan Penutup            : (10 menit).
a.   Siswa dan guru melakukan refleksi bersama.
b.   Siswa menulis untuk tugas di rumah.

H.   Sumber Belajar                        : Buku “Ayo Melakukan Pembelajaran Tematik untuk Kelas 4 Tema 7 subtema 1.
I.    Penilaian Hasil Belajar            : *Soal latihan (terlampir).


                                                                                                                         .........Sukorejo, 2018

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Kelas/ Mata Pelajaran




 


NIP.                                                                                                                 NIP.


Catatan/ saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Contoh soal:
1.   Berikut yang bukan merupakan keragaman di Indonesia adalah ....
a. suku bangsa
b. agama
c. bahasa
d. bentuk fisik
2.   Bahasa merupakan alat ....
a. komunikasi.
b. pemersatu
c. persaingan
d. perdagangan
3.   Kalimat “Bhinneka Tunggal Ika” berasal dari bahasa ....
a. Indonesia
b. daerah
c. Sanskerta
d. Madura
4.   Berbicara dengan teman yang berbeda suku bangsa sebaiknya menggunakan bahasa ...
a. Indonesia
b. daerah
c. Sanskerta
d. Inggris
5.   Sikap kita terhadap keberagaman yang ada di Indonesia adalah ….
a. acuh tak acuh
b. menghargai
c. menghina

d. membeda-bedakan

DOWNLOAD DI BAWAH INI YA....

  1. TEMATIK 4 TEMA 7 SUB 1
  2. TEMATIK 4 TEMA 7 SUB 2
  3. TEMATIK 4 TEMA 7 SUB 3
Demikian contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Berbagi Itu Indah

2 komentar: