Rabu, 23 Agustus 2017

MAKALAH FAKTOR PENUNJAG INTELEKTUAL ANAK

MAKALAH FAKTOR PENUNJAG INTELEKTUAL ANAK



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
         Masa usia sekolah dasar sebagai mesa kanak-kanak akhir yang berlangsung dari usia enam tahun hingga kira-kira usia sebelas tahun atau dua belas tahun. Karakteristik utama siswa sekolah dasar adalah mereka menampilkan perbedaan-perbedaan individual dalam banyak segi dan bidang, di antaranya, perbedaan dalam intelegensi, kemampuan dalam kognitif dan bahasa, perkembangan kepribadian dan perkembangan fisik anak. Dalam teorinya, Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dari fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Piaget adalah seorang psikolog “developmental” karena penelitiannya mengenai tahap-tahap perkembangan pribadi serta perubahan umur yang mempengaruhi kemampuan belajar individu. Dia adalah salah seorang psikolog yang suatu teori komperhensif tentang perkembangan intelegensi atau proses berfikir.
           Menurut Piaget, pertumbuhan kapasitas mental memberikan kemampuan-kemampuan mental baru yang sebelumnya tidak ada. Pertumbuhan intelektual adalah tidak kuantitatif, melainkan kualitatif. Apabila ahli biologi menekankan penjelasan tentang pertumbuhan struktur yang memungkinkan individu mengalami penyesuaian diri dengan lingkungan, maka Piaget tekanan penyelidikan lain. Piaget menyelidiki masalah yang sama dari segi penyesuaian/ adaptasi manusia serta meneliti perkembangan intelektual terbentuk di dalam individu akibat interaksinya dengan lingkungan. Dalam hal ini proses dalam penerimaan kecerdasan intelektual anak dipenagaruhi beberapa faktor yang sangat berpengaruh di dalamnya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa faktor kedewasaan ?
2. Apa faktor pengalaman fisik ?
3. Apa faktor logika matematik ?
4. Apa faktor transmisi sosial ?
5. Apa faktor pengaturan diri ?


C. Tujuan
1. Mengetahui faktor kedewasaan
2. Mengetahui faktor pengalaman fisik
3. Mengetahui faktor logika matematik
4. Mengetahui faktor transmisi social
5. Mengetahui faktor  pengaturan diri

BAB II
PEMBAHASAN

A. Teori Perkembangan Kognitif

     .    Teori perkembangan kognitif “ Jean Piaget”
            Jean Piaget adalah seorang ahli biologi dan psikolog yang mempunyai kontribusi besar dalam pemahaman terhadap perkembangan intelektual anak. Dalam rangka memahami proses dan tingkat perkembangan intelektual anak ini Piaget telah melakukan observasi bertahun-tahun sejak tahun 1920-an terhadap perkembangan intelektual yang terjadi pada anak-anak. Ia mulai melakukan observasi dan interview pada tiga orang anaknya, kemudian pada anak-anak lain dan para remaja melalui berbagai pemberian tugas intelektual, kemudian mencatat jawaban-jawaban yang diperolehnya. Melalui penelitian yang ekstensif akhirnya secara detail Piaget dapat menggambarkan teori proses perkembangan intelektual yang terjadi pada anak mulai dari bayi sampai remaja.
   
B. TIGA ASPEK PERKEMBANGAN INTELEKTUAL
    Dalam perkembangan intelektual ada tiga aspek yang diteliti oleh Piaget, yaitu struktur, isi (content) dan fungsi.

........................... nex
===================================================================
Untuk melihat fersi lengkap dalam file Words silahkan klik tautan di bawah ini

1. BAB I 
2. BAB II
3. BAB III

Demikian terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar