MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Wisuda di MI Bandung Sukorejo Gandusari Trenggalek.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Belajar bersukur dengan kebersamaan.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Selamat bekerja anak anak laksanakan tugasmu sesuai fungsimu sebagai pelajar dan pembelajar, tak perlu risau tak perlu mencari kerjaan lain diluar tugas mu.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Semakin banyak belajar semakin banyak yang diingat dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang diingat, bukan semakin banyak belajar semakin banyak yang di lupakan dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang lupa, ngono yo ngono neng yo ojo ngono

Kamis, 16 Maret 2023

CONTOH SOAL PAS MAPEL AGAMA AL-QUR'AN HADITS KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH TERBARU TP. 2022/2023 LENGKAP DENGAN KISI KISI

 CONTOH SOAL PAS  MAPEL AGAMA AL-QUR'AN HADITS KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH TERBARU TP. 2022/2023 LENGKAP DENGAN KISI KISI



Istilah Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) menjadi hal yang tidak asing bagi siswa SD, SMP hingga SMA. Walaupun istilahnya sering berganti, ujian PAS, PTS dan PAT merujuk pada ujian yang ditempuh di tiap tahun ajaran.

Penilaian Tengah Semester

Sebelumnya, Penilaian Tengah Semester atau PTS dikenal dengan istilah Ujian Tengah Semester (UTS). Dalam kurikulum terbaru, istilah diganti jadi PTS, namun inti kegiatannya tetap sama. PTS menguji seluruh materi pelajaran yang telah diberikan selama tiga bulan akademis pertama, baik di semester ganjil (PTS ganjil) maupun semester genap (PTS genap).

Penilaian Akhir Semester

PAS adalah singkatan dari Penilaian Akhir Semester. Sebelumnya, PAS dikenal dengan istilah Ujian Akhir Semester (UAS). PAS dilaksanakan tiap akhir semester ganjil. PAS bertujuan menguji capaian pembelajaran selama 6 bulan (semester satu).

Penilaian Akhir Tahun

Karena sama-sama dilaksanakan pada akhir semester, PAT dan PAS sering dianggap sama. Padahal, keduanya beda karena pelaksanaan PAT di akhir tahun ajaran (semester genap), sedangkan PAS di akhir semester ganjil. Dulunya, PAT lebih dikenal dengan nama Ujian Kenaikan Kelas. PAT hanya diikuti kelas 7 dan 8 SMP serta 10 dan 11 SMA, sebagai syarat kenaikan kelas. Di sisi lain, siswa kelas 9 SMP dan 12 SMA akan mengikuti Ujian Sekolah (US) sebagai syarat kelulusan.

Penilaian Akhir Semester Seiring dengan kemajuan kurikulum dan teknologi merupakan suatu keniscayaan bagi seorang pendidik untuk mengukur keberhasilan tugasnya sebagai pendidik dalam mendampingi dan memfasilitasi peserta didik dalam menuntaskan kimpetensi dasar dan kompetensi inti yang telah ditetapkan,  dan juga sebagai bentuk laporan madrasah selama satu semester berjalan.

Walaupun demikian ternyata masih ada beberapa pendidik yang masih kesulitan dalam menyusun soal PAS tersebut, untuk itu kali ini Admin akan membagikan Contoh Soal Pas  Mapel Agama Al-Qur'an Hadits Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Terbaru TP. 2022/2023 Lengkap Dengan Kisi Kisi

Contoh Kisi-Kisi 

Bidang Studi

Al-Qur’an Hadis

Kelas

1

Kurikulum

2013

Penulis

Nihayatun Nikmah, S.Pd

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MI NURUL HUDA BANDUNG

 

No.

KD

Kemampuan yang diuji

Stimulus

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menentukan jumlah huruf hijaiyah

Teks

Siswa dapat menyebutkan jumlah huruf hijaiyah

L1

PG

1

2.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menuliskan huruf hijaiyah

Teks

Siswa dapat menuliskan huruf hijaiyah

L2

Uraian

2

3.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menentukan huruf hijaiyah berharakat fathah

ilustrasi

Siswa dapat menentukan huruf hijaiyah berharakat fathah

L2

PG Kompleks

3

4.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menentukan huruf hijaiyah

Ilustrasi

Siswa dapat menentukan   huruf hijaiyah berharakat

L1

Isian singkat

4

5.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menuliskan huruf hijaiyah dari kata tertentu

Daftar

Siswa dapat menentukan bunyi huruf hijaiyah dengan pasangan yang benar

L2

Matching

5

6.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menyebutkan jumlah ayat surat al-fatihah

ilustrasi

Siswa dapat menyebutkan jumlah ayat surat alfatihah

L1

Isian singkat

6

7.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan nama lain surat al-Fatihah

Pernyataan

Siswa dapat menentukan nama lain dari surat al-Fatihah

L1

PG Kompleks/

B-S

7

8.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan bunyi ayat surat an-Nas

Daftar

Siswa dapat menentukan bunyi ayat surat an-nas

L2

PG Kompleks

8

9.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan tempat turunnya surat an-nas

Pernyataan

Siswa dapat menyebutkan tempat diturunkannya surat an-nas

L1

Isian singkat

9

10.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan surat

Ilustrasi

Siswa dapat menentukan surat yang diturunkan sesuai ilustrasi

L2

PG Kompleks

10

11.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan alasan surat an nas digolongkan surat makkiyah

Pernyataan

Siswa dapat menjelaskan alasan surat an-nas tergolong surat makkiyah

L2

Uraian

11

12.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menyebutkan arti nama al-Falaq

Pernyataan

Siswa dapat menyebutkan arti al-Falaq dengan benar

L1

Isian singkat

12

13.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan bunyi ayat surat al-Falaq

Tabel Pernyataan

Siswa dapat menentukan bunyi ayat surat al-Falaq

L2

PG Kompleks/

B-S

13

14.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan keutamaan membaca surat al-falaq

Ilustrasi

Siswa dapat menentukan keutamaan membaca surat al-Fatihah berdasarkan ilustrasi

L2

PG Kompleks

14

15.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan jumlah ayat surat al-Falaq

Pernyataan

Siswa dapat menentukan jumlah ayat surat al-Falaq

L1

Isian Singkat

15

16.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan isi kandungan surat al-Falaq

Daftar

Siswa dapat menentukan isi kandungan surat al-Falaq

L2

PG Kompleks

16

17.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Mengurutkan ayat surat al-Falaq

Tabel

Siswa dapat mengurutkan ayat surat al-Falaq dengan benar

L2

MATCHING

17

18.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan ayat surat al-Ikhlas

Daftar

Siswa dapat menentukan ayat surat al-Ikhlas

L2

PG Kompleks

18

19.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan pernyataan yang benar mengenai surat al-Lahab

Tabel pernyataan

Siswa dapat menentukan pernyataan yang benar mengenai surat al-Lahab

L2

PG Kompleks/

B-S

19

20.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menuliskan alasan dikutuknya abu lahab dan istrinya

Pernyataan

Siswa dapat menjelaskan alasan disiksanya Abu Lahab dan istrinya

L2

Uraian

20

Download DISINI

Atau di link berikut: Kisi Kisi Soal Mapel Agama Al-Qur'an Hadits Kelas 1


Kop Madrasah

Mata Pelajaran

:

Al Qur’an Hadits

Nama

:

…………………………………

Kelas

:

1(satu)

Waktu

:

 

Hari / Tanggal

:

 

Nilai

:

…………………………………

 

1.    Al-Qur’an ditulis dengan huruf arab atau huruf hijaiyah. Dalam proses membaca al-Qur’an, kita harus mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah berjumlah ….

a.    28                                                       b. 29                                                   c. 30

2.    Agar bisa membaca Al-qur’an, kita harus hafal huruf hijaiyah. Tulislah 5 huruf pertama dari huruf hijaiyah!

3.    Ahmad adalah siswa kelas 1. Ketika di rumah, ia belajar menulis huruf-huruf hijaiyah yang berharakat fathah. Di bawah ini yang termasuk huruf hijaiyah yang ditulis Ahmad adalah ….

ð         بَ                         بِ                           جَ                                   جِ

( Beri tanda centang pada 2 jawaban yang benar)

4.    Pada saat pelajaran Al-qur’an Hadis, Aisyah diminta oleh ustadzah untuk menuliskan huruf hijaiyah yang berbunyi “ Batu “. Huruf hijaiyah tersebut adalah ….

5.    بُ Ùƒُ  (1)              (a) roti

بَ جُ  (2)               (b) buku

رَ تِ  (3)               (c) muda

Ù…ُ دَ    (4)               (d) baju

( Jodohkan dengan cara menarik garis pada pasangan yang benar)

6.    Ketika akan memulai pelajaran, terlebih dahulu siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qolbi selalu membaca surat Al-fatihah. Surat Al-Fatihah terdiri dari ….

a.    5 ayat                                                  b. 6 ayat                                            c. 7 ayat

7.    Surat Al-fatihah merupakan surat pembuka dalam Al-qur’an. Surat ini memiliki banyak nama. Berikut ini yang termasuk nama lain dari surat Al-fatihah adalah ….

Ummul kitab

B

S

 Al-ikhlas

B

S

 

 

 

Download  Soal DISINI 

Atau di link berikut: Soal Mapel Agama Al-Qur'an Hadits Kelas 1

Apabila dirasa dapat membantu dan bermanfaat silahkan shere dan bagikan ke rekan rekan guru agar lebih bermanfaat.

MI Nurul Huda Bandung #madrasah_Inspiratif


Rabu, 07 Desember 2022

CONTOH PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK DAN LAPORAN SUPERVISI AKADEMIK

PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK



Berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar  Kepala Sekolah dan Permendiknas Nomor  12 Tahun 2007 tentang standar Pengawas Sekolah/Madrasah, dijelaskan bahwa tugas supervisi kepala sekolah meliputi tugas merencanakan program supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan tehnik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah yang baik bukan sekedar perencanaan yang baik tetapi juga pelaksana dan pembimbing guru yang baik pula.

Regulasi lain terdapat juga pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang  Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (PermendikbudRistek) Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, menyatakan bahwa yang dimaksud kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin pembelajaran dan mengelola Satuan Pendidikan yang meliputi Taman Kanak-kanak, Taman Kanak-kanak luar biasa, Sekolah Dasar, Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Berdasarkan temuan irjend beberapa waktu yang lalu ternyata masih banyak guru yang dalam pelaksanaan tugasnya belum berdasarkan program perencanaan pembelajaran yang disusunnya, hal tersebut terjadi karena guru sebagian belum menyusun program perencanaan pembelajaran, hal tersebut terjadi dibeberapa lembaga swasta bahkan juga di satker, 

Dari hasil temuan tersebut diketahui juga bahwa ternyata selama ini masih banyak juga kepala sekolah/ madrasah yang belum memiliki program supervisi akademik, alhasil bagaimana mungin kepala sekolah/ madrasah akan melaksanakan melaksanakan supervisi akademik sementara program saja belum membuat, padahal seyogyanya keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan berdasarkan program yang disusun sebelumnya sebagai acuan pelaksanaan kerja .

Menindaklanjuti penomena yang terjadi dilapangan tersebut admin akan membagikan contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi Akademik secara sederhana, bukan maksud admin ingin menggurui namun barangkali saja masih ada bapa/Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah yang merasa kesulitan dalam menyusun Program Supervisi Akademik dan mungkin postingan iini dapat sedikit membantu sebagai referensi saja dan bukan contoh yang pasti kebenaranya.

Pada intinya bagaiumanapun bentuk dan dan format instrumen supervisi adalah benar asalkan benar-benar dilaksanakan, apalah artinya program yang muluk muluk namun memberatkan dan pada akhirnya hanya sebatas berkas dan arsip pasif yang tak pernah dilaksanakan.

Baik Bapak Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah yang budiman tak perlu banyak basa basi berikut Admin bagikan Contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi akademik versi sederhana Admin minurulhudasukorejo.blogspot.com

PROGRAM SUPERVISI PEMBELAJARAN PADA MI NURUL HUDA BANDUNG TAHUN 2022

                                                                                                 

A.           LATAR BELAKANG

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi telah mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk pula dalam  upaya membina dan meningkatkan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala madrasah.  Kompetensi supervisi  merupakan satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang kepala madrasah sebagai upaya penjaminan mutu proses pembelajaran pada satuan pendidikan  yaitu dengan memberikan ruang kepada guru untuk menumbuhkan kreasi dan inovasi untuk mewujudkan pembelajaran sesuai kebutuhan abad 21.

Dalam rangka penjaminan mutu tersebut, kepala madrasah perlu melaksanakan supervisi pembelajaran yakni kegiatan pembinaan, pemantauan, penilaian, serta pembimbingan, pemantauan, dan pelatihan profesionalitas pembelajaran, baik pada aspek kompetensi maupun pelaksanaan tugas pokok pembelajaran dalam rangka membantu guru untuk merencanakan, melaksanakan, menilai, mengevaluasi, menganalisis proses pembelajaran. Hal ini dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru dalam melaksanakan tugasnya, agar guru lebih profesional dalam bidangnya.

Kegiatan supervisi pembelajaran yang dilakukan kepala madrasah meliputi tiga tahap kegiatan secara berkesinambungan dan merupakan satu siklus yang dimulai dari perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, dan kegiatan menindaklanjuti hasil supervisi untuk perbaikan proses pembelajaran.

Supervisi pembelajaran diarahkan untuk memastikan perbaikan mutu pembelajaran. Implementasi kegiatan supervisi pembelajaran perlu dilengkapi dengan pendampingan menuju pembelajaran yang berkualitas dan  dilakukan tidak berorientasi pada dokumen adsminitratif dan dalam pelaksanaannya tidak hanya diarahkan lepada penilaian kinerja pembelajaran.

 

B.            TUJUAN

1.    Terwujudnya penjaminan mutu pembelajaran.

2.    Untuk mengetahui kompetensi guru dalam membuat perencanaan pembelajaran.

3.    Untuk mengetahui kompetensi guru sebagai tenaga dalam melaksanakan proses pembelajaran.

4.    Untuk mengetahui kompetensi  guru  dalam  mengembangkan  instrumen  penilaian  dalam melaksanakan   penilaian selam prose pembelajaran atau penilaian hasil belajar.

 

C.           MANFAAT

1.             Sebagai sarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran .

2.             Guru yang disupervisi akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam membuat perencanaan pembelajaran.

3.             Guru yang bersangkutan akan mengetahui kelebihan  dan kekurangannya dalam merencanakan dan mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran.

4.             Sebagai bahan refleksi guru untuk menambah dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan.

D.      Ruang Lingkup

Ruang lingkup supervisi pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

E.     Teknik Supervisi

Berdasarkan hasil temu awal dengan para guru, teknik supervisi pembelajaran yang disepakati dan dilaksanakan adalah: (diisi menyesuaikan pilihan tekhnik supervise yang akan digunakan)

1.      Teknik Supervisi individu

a.       Pertemuan individual

b.      Observasi kelas

c.       Kunjungan kelas

2.      Teknik Kelompok

a.       Rapat rutin

b.      Pertemuan di KKG

c.       Mengadakan pelatihan

d.      Menerapakan tindaklanjut hasil pelatihan

F. Prosedur pelaksanaan supervisi pembelajaran terdiri atas:

a.    Tahap Persiapan, meliputi menyiapkan instrumen dan menyiapkan jadwal bersama, melakukan Pertemuan awal/perencanaan (planning conference)

b.    Tahap  Pelaksanaan,  yaitu  pelaksanaan  observasi  supervisi  baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melakukan Observasi kelas (classroom observation)

c.    Melakukan Pertemuan balikan (feedback conference)

d.   Tahap Pelaporan, meliputi: mengidentifikasi hasil pengamatan, menyusun rekomendasi dan menentukan tindak lanjut

>>>>>>>>>>>>>

File Lengkap silahkan Download pada Link berikut: 

Contoh Program Supervisi Akademik 

Contoh Laporan Supervisi Akademik

Instrumen Supervisi Akademik manual

Instrumen Supervisi Akademik versi exsel 

Contoh SK Tim Supervisor

Demikian bapak Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah contoh Program Supervisi Akademik dan  Laporan Supervisi Akademik yang dapat admin bagikan, silahkan dibagikan jika dirasa dapat membantu dan bermanfaat bagi dunia pendidikan kita, 

MI Nurul Huda Bandung #madrasah_inspiratif

file lengkap bisa di download DISINI