PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK
Berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang
standar Kepala Sekolah dan Permendiknas
Nomor 12 Tahun 2007 tentang standar
Pengawas Sekolah/Madrasah, dijelaskan bahwa tugas supervisi kepala sekolah
meliputi tugas merencanakan program supervise akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan tehnik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti
hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme
guru. Kepala sekolah yang baik bukan sekedar perencanaan yang baik tetapi juga
pelaksana dan pembimbing guru yang baik pula.
Regulasi lain terdapat juga pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang
Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah,
Berdasarkan temuan irjend beberapa waktu yang lalu ternyata masih banyak guru yang dalam pelaksanaan tugasnya belum berdasarkan program perencanaan pembelajaran yang disusunnya, hal tersebut terjadi karena guru sebagian belum menyusun program perencanaan pembelajaran, hal tersebut terjadi dibeberapa lembaga swasta bahkan juga di satker,
Dari hasil temuan tersebut diketahui juga bahwa ternyata selama ini masih banyak juga kepala sekolah/ madrasah yang belum memiliki program supervisi akademik, alhasil bagaimana mungin kepala sekolah/ madrasah akan melaksanakan melaksanakan supervisi akademik sementara program saja belum membuat, padahal seyogyanya keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan berdasarkan program yang disusun sebelumnya sebagai acuan pelaksanaan kerja .
Menindaklanjuti penomena yang terjadi dilapangan tersebut admin akan membagikan contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi Akademik secara sederhana, bukan maksud admin ingin menggurui namun barangkali saja masih ada bapa/Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah yang merasa kesulitan dalam menyusun Program Supervisi Akademik dan mungkin postingan iini dapat sedikit membantu sebagai referensi saja dan bukan contoh yang pasti kebenaranya.
Pada intinya bagaiumanapun bentuk dan dan format instrumen supervisi adalah benar asalkan benar-benar dilaksanakan, apalah artinya program yang muluk muluk namun memberatkan dan pada akhirnya hanya sebatas berkas dan arsip pasif yang tak pernah dilaksanakan.
Baik Bapak Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah yang budiman tak perlu banyak basa basi berikut Admin bagikan Contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi akademik versi sederhana Admin minurulhudasukorejo.blogspot.com
PROGRAM SUPERVISI
PEMBELAJARAN PADA MI NURUL HUDA
BANDUNG TAHUN 2022
A.
LATAR BELAKANG
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari
sentralisasi ke desentralisasi telah mendorong terjadinya perubahan
dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk pula
dalam upaya membina dan meningkatkan kinerja guru yang dilakukan oleh
kepala madrasah. Kompetensi supervisi merupakan satu
kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang kepala madrasah sebagai upaya
penjaminan mutu proses pembelajaran pada satuan
pendidikan yaitu dengan memberikan ruang
kepada guru untuk menumbuhkan kreasi dan inovasi untuk mewujudkan pembelajaran
sesuai kebutuhan abad 21.
Dalam rangka penjaminan mutu tersebut, kepala
madrasah perlu melaksanakan supervisi pembelajaran yakni kegiatan pembinaan,
pemantauan, penilaian, serta pembimbingan, pemantauan, dan pelatihan profesionalitas
pembelajaran, baik pada aspek kompetensi maupun pelaksanaan tugas pokok
pembelajaran dalam rangka membantu guru untuk merencanakan, melaksanakan,
menilai, mengevaluasi, menganalisis proses pembelajaran. Hal ini dilakukan oleh
kepala madrasah terhadap guru dalam melaksanakan tugasnya, agar guru lebih
profesional dalam bidangnya.
Kegiatan supervisi pembelajaran yang dilakukan
kepala madrasah meliputi tiga tahap kegiatan secara berkesinambungan dan
merupakan satu siklus yang dimulai dari perencanaan supervisi, pelaksanaan
supervisi, dan kegiatan menindaklanjuti hasil supervisi untuk perbaikan proses
pembelajaran.
Supervisi pembelajaran diarahkan untuk
memastikan perbaikan mutu pembelajaran. Implementasi kegiatan
supervisi pembelajaran perlu dilengkapi dengan pendampingan menuju pembelajaran
yang berkualitas dan dilakukan tidak
berorientasi pada dokumen adsminitratif dan dalam pelaksanaannya tidak hanya
diarahkan lepada penilaian kinerja pembelajaran.
B.
TUJUAN
1.
Terwujudnya penjaminan mutu pembelajaran.
2.
Untuk mengetahui kompetensi guru
dalam
membuat perencanaan
pembelajaran.
3.
Untuk mengetahui kompetensi guru sebagai tenaga dalam melaksanakan proses pembelajaran.
4.
Untuk mengetahui kompetensi
guru dalam
mengembangkan instrumen
penilaian
dalam
melaksanakan penilaian,
selama proses pembelajaran atau penilaian hasil
belajar.
C.
MANFAAT
1.
Sebagai sarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran .
2.
Guru yang disupervisi akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam membuat perencanaan pembelajaran.
3.
Guru yang bersangkutan akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya dalam merencanakan
dan mengembangkan
instrumen penilaian pembelajaran.
4.
Sebagai bahan refleksi guru
untuk menambah dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan.
D. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup supervisi pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian
pembelajaran.
E. Teknik Supervisi
Berdasarkan
hasil temu awal dengan para guru, teknik supervisi pembelajaran yang disepakati
dan dilaksanakan adalah: (diisi menyesuaikan
pilihan tekhnik supervise yang akan digunakan)
1. Teknik Supervisi individu
a. Pertemuan individual
b. Observasi kelas
c. Kunjungan kelas
2. Teknik
Kelompok
a. Rapat rutin
b. Pertemuan di
KKG
c. Mengadakan
pelatihan
d. Menerapakan
tindaklanjut hasil pelatihan
F. Prosedur pelaksanaan supervisi pembelajaran terdiri
atas:
a.
Tahap Persiapan, meliputi
menyiapkan instrumen dan menyiapkan jadwal
bersama, melakukan Pertemuan
awal/perencanaan (planning conference)
b.
Tahap Pelaksanaan, yaitu
pelaksanaan observasi supervisi baik
secara
langsung maupun tidak langsung dengan
melakukan Observasi kelas (classroom observation)
c.
Melakukan Pertemuan balikan (feedback conference)
d. Tahap Pelaporan, meliputi: mengidentifikasi hasil pengamatan, menyusun
rekomendasi dan menentukan tindak lanjut
>>>>>>>>>>>>>
File Lengkap silahkan Download pada Link berikut:
Contoh Program Supervisi Akademik
Contoh Laporan Supervisi Akademik
Instrumen Supervisi Akademik manual
Instrumen Supervisi Akademik versi exsel
Demikian bapak Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi Akademik yang dapat admin bagikan, silahkan dibagikan jika dirasa dapat membantu dan bermanfaat bagi dunia pendidikan kita,
MI Nurul Huda Bandung #madrasah_inspiratif
file lengkap bisa di download DISINI
0 komentar:
Posting Komentar