FOTO KEGIATAN

FOTO KEGIATAN
documentasi

Mengenai Saya

Rabu, 07 Desember 2022

CONTOH PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK DAN LAPORAN SUPERVISI AKADEMIK

PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK



Berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar  Kepala Sekolah dan Permendiknas Nomor  12 Tahun 2007 tentang standar Pengawas Sekolah/Madrasah, dijelaskan bahwa tugas supervisi kepala sekolah meliputi tugas merencanakan program supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan tehnik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah yang baik bukan sekedar perencanaan yang baik tetapi juga pelaksana dan pembimbing guru yang baik pula.

Regulasi lain terdapat juga pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang  Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (PermendikbudRistek) Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, menyatakan bahwa yang dimaksud kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin pembelajaran dan mengelola Satuan Pendidikan yang meliputi Taman Kanak-kanak, Taman Kanak-kanak luar biasa, Sekolah Dasar, Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Berdasarkan temuan irjend beberapa waktu yang lalu ternyata masih banyak guru yang dalam pelaksanaan tugasnya belum berdasarkan program perencanaan pembelajaran yang disusunnya, hal tersebut terjadi karena guru sebagian belum menyusun program perencanaan pembelajaran, hal tersebut terjadi dibeberapa lembaga swasta bahkan juga di satker, 

Dari hasil temuan tersebut diketahui juga bahwa ternyata selama ini masih banyak juga kepala sekolah/ madrasah yang belum memiliki program supervisi akademik, alhasil bagaimana mungin kepala sekolah/ madrasah akan melaksanakan melaksanakan supervisi akademik sementara program saja belum membuat, padahal seyogyanya keberhasilan pelaksanaan suatu kegiatan berdasarkan program yang disusun sebelumnya sebagai acuan pelaksanaan kerja .

Menindaklanjuti penomena yang terjadi dilapangan tersebut admin akan membagikan contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi Akademik secara sederhana, bukan maksud admin ingin menggurui namun barangkali saja masih ada bapa/Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah yang merasa kesulitan dalam menyusun Program Supervisi Akademik dan mungkin postingan iini dapat sedikit membantu sebagai referensi saja dan bukan contoh yang pasti kebenaranya.

Pada intinya bagaiumanapun bentuk dan dan format instrumen supervisi adalah benar asalkan benar-benar dilaksanakan, apalah artinya program yang muluk muluk namun memberatkan dan pada akhirnya hanya sebatas berkas dan arsip pasif yang tak pernah dilaksanakan.

Baik Bapak Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah yang budiman tak perlu banyak basa basi berikut Admin bagikan Contoh Program Supervisi Akademik dan Laporan Supervisi akademik versi sederhana Admin minurulhudasukorejo.blogspot.com

PROGRAM SUPERVISI PEMBELAJARAN PADA MI NURUL HUDA BANDUNG TAHUN 2022

                                                                                                 

A.           LATAR BELAKANG

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi telah mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk pula dalam  upaya membina dan meningkatkan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala madrasah.  Kompetensi supervisi  merupakan satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang kepala madrasah sebagai upaya penjaminan mutu proses pembelajaran pada satuan pendidikan  yaitu dengan memberikan ruang kepada guru untuk menumbuhkan kreasi dan inovasi untuk mewujudkan pembelajaran sesuai kebutuhan abad 21.

Dalam rangka penjaminan mutu tersebut, kepala madrasah perlu melaksanakan supervisi pembelajaran yakni kegiatan pembinaan, pemantauan, penilaian, serta pembimbingan, pemantauan, dan pelatihan profesionalitas pembelajaran, baik pada aspek kompetensi maupun pelaksanaan tugas pokok pembelajaran dalam rangka membantu guru untuk merencanakan, melaksanakan, menilai, mengevaluasi, menganalisis proses pembelajaran. Hal ini dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru dalam melaksanakan tugasnya, agar guru lebih profesional dalam bidangnya.

Kegiatan supervisi pembelajaran yang dilakukan kepala madrasah meliputi tiga tahap kegiatan secara berkesinambungan dan merupakan satu siklus yang dimulai dari perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, dan kegiatan menindaklanjuti hasil supervisi untuk perbaikan proses pembelajaran.

Supervisi pembelajaran diarahkan untuk memastikan perbaikan mutu pembelajaran. Implementasi kegiatan supervisi pembelajaran perlu dilengkapi dengan pendampingan menuju pembelajaran yang berkualitas dan  dilakukan tidak berorientasi pada dokumen adsminitratif dan dalam pelaksanaannya tidak hanya diarahkan lepada penilaian kinerja pembelajaran.

 

B.            TUJUAN

1.    Terwujudnya penjaminan mutu pembelajaran.

2.    Untuk mengetahui kompetensi guru dalam membuat perencanaan pembelajaran.

3.    Untuk mengetahui kompetensi guru sebagai tenaga dalam melaksanakan proses pembelajaran.

4.    Untuk mengetahui kompetensi  guru  dalam  mengembangkan  instrumen  penilaian  dalam melaksanakan   penilaian selam prose pembelajaran atau penilaian hasil belajar.

 

C.           MANFAAT

1.             Sebagai sarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran .

2.             Guru yang disupervisi akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam membuat perencanaan pembelajaran.

3.             Guru yang bersangkutan akan mengetahui kelebihan  dan kekurangannya dalam merencanakan dan mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran.

4.             Sebagai bahan refleksi guru untuk menambah dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan.

D.      Ruang Lingkup

Ruang lingkup supervisi pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

E.     Teknik Supervisi

Berdasarkan hasil temu awal dengan para guru, teknik supervisi pembelajaran yang disepakati dan dilaksanakan adalah: (diisi menyesuaikan pilihan tekhnik supervise yang akan digunakan)

1.      Teknik Supervisi individu

a.       Pertemuan individual

b.      Observasi kelas

c.       Kunjungan kelas

2.      Teknik Kelompok

a.       Rapat rutin

b.      Pertemuan di KKG

c.       Mengadakan pelatihan

d.      Menerapakan tindaklanjut hasil pelatihan

F. Prosedur pelaksanaan supervisi pembelajaran terdiri atas:

a.    Tahap Persiapan, meliputi menyiapkan instrumen dan menyiapkan jadwal bersama, melakukan Pertemuan awal/perencanaan (planning conference)

b.    Tahap  Pelaksanaan,  yaitu  pelaksanaan  observasi  supervisi  baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melakukan Observasi kelas (classroom observation)

c.    Melakukan Pertemuan balikan (feedback conference)

d.   Tahap Pelaporan, meliputi: mengidentifikasi hasil pengamatan, menyusun rekomendasi dan menentukan tindak lanjut

>>>>>>>>>>>>>

File Lengkap silahkan Download pada Link berikut: 

Contoh Program Supervisi Akademik 

Contoh Laporan Supervisi Akademik

Instrumen Supervisi Akademik manual

Instrumen Supervisi Akademik versi exsel 

Contoh SK Tim Supervisor

Demikian bapak Ibu Kepala Sekolah/ Madrasah contoh Program Supervisi Akademik dan  Laporan Supervisi Akademik yang dapat admin bagikan, silahkan dibagikan jika dirasa dapat membantu dan bermanfaat bagi dunia pendidikan kita, 

MI Nurul Huda Bandung #madrasah_inspiratif

file lengkap bisa di download DISINI




0 komentar:

Posting Komentar