FOTO KEGIATAN

FOTO KEGIATAN
documentasi

Mengenai Saya

Kamis, 16 Maret 2023

CONTOH SOAL PAS MAPEL AGAMA AL-QUR'AN HADITS KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH TERBARU TP. 2022/2023 LENGKAP DENGAN KISI KISI

 CONTOH SOAL PAS  MAPEL AGAMA AL-QUR'AN HADITS KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH TERBARU TP. 2022/2023 LENGKAP DENGAN KISI KISI



Istilah Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) menjadi hal yang tidak asing bagi siswa SD, SMP hingga SMA. Walaupun istilahnya sering berganti, ujian PAS, PTS dan PAT merujuk pada ujian yang ditempuh di tiap tahun ajaran.

Penilaian Tengah Semester

Sebelumnya, Penilaian Tengah Semester atau PTS dikenal dengan istilah Ujian Tengah Semester (UTS). Dalam kurikulum terbaru, istilah diganti jadi PTS, namun inti kegiatannya tetap sama. PTS menguji seluruh materi pelajaran yang telah diberikan selama tiga bulan akademis pertama, baik di semester ganjil (PTS ganjil) maupun semester genap (PTS genap).

Penilaian Akhir Semester

PAS adalah singkatan dari Penilaian Akhir Semester. Sebelumnya, PAS dikenal dengan istilah Ujian Akhir Semester (UAS). PAS dilaksanakan tiap akhir semester ganjil. PAS bertujuan menguji capaian pembelajaran selama 6 bulan (semester satu).

Penilaian Akhir Tahun

Karena sama-sama dilaksanakan pada akhir semester, PAT dan PAS sering dianggap sama. Padahal, keduanya beda karena pelaksanaan PAT di akhir tahun ajaran (semester genap), sedangkan PAS di akhir semester ganjil. Dulunya, PAT lebih dikenal dengan nama Ujian Kenaikan Kelas. PAT hanya diikuti kelas 7 dan 8 SMP serta 10 dan 11 SMA, sebagai syarat kenaikan kelas. Di sisi lain, siswa kelas 9 SMP dan 12 SMA akan mengikuti Ujian Sekolah (US) sebagai syarat kelulusan.

Penilaian Akhir Semester Seiring dengan kemajuan kurikulum dan teknologi merupakan suatu keniscayaan bagi seorang pendidik untuk mengukur keberhasilan tugasnya sebagai pendidik dalam mendampingi dan memfasilitasi peserta didik dalam menuntaskan kimpetensi dasar dan kompetensi inti yang telah ditetapkan,  dan juga sebagai bentuk laporan madrasah selama satu semester berjalan.

Walaupun demikian ternyata masih ada beberapa pendidik yang masih kesulitan dalam menyusun soal PAS tersebut, untuk itu kali ini Admin akan membagikan Contoh Soal Pas  Mapel Agama Al-Qur'an Hadits Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Terbaru TP. 2022/2023 Lengkap Dengan Kisi Kisi

Contoh Kisi-Kisi 

Bidang Studi

Al-Qur’an Hadis

Kelas

1

Kurikulum

2013

Penulis

Nihayatun Nikmah, S.Pd

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MI NURUL HUDA BANDUNG

 

No.

KD

Kemampuan yang diuji

Stimulus

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menentukan jumlah huruf hijaiyah

Teks

Siswa dapat menyebutkan jumlah huruf hijaiyah

L1

PG

1

2.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menuliskan huruf hijaiyah

Teks

Siswa dapat menuliskan huruf hijaiyah

L2

Uraian

2

3.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menentukan huruf hijaiyah berharakat fathah

ilustrasi

Siswa dapat menentukan huruf hijaiyah berharakat fathah

L2

PG Kompleks

3

4.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menentukan huruf hijaiyah

Ilustrasi

Siswa dapat menentukan   huruf hijaiyah berharakat

L1

Isian singkat

4

5.

3.1 Memahami huruf hijaiyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah)

Menuliskan huruf hijaiyah dari kata tertentu

Daftar

Siswa dapat menentukan bunyi huruf hijaiyah dengan pasangan yang benar

L2

Matching

5

6.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menyebutkan jumlah ayat surat al-fatihah

ilustrasi

Siswa dapat menyebutkan jumlah ayat surat alfatihah

L1

Isian singkat

6

7.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan nama lain surat al-Fatihah

Pernyataan

Siswa dapat menentukan nama lain dari surat al-Fatihah

L1

PG Kompleks/

B-S

7

8.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan bunyi ayat surat an-Nas

Daftar

Siswa dapat menentukan bunyi ayat surat an-nas

L2

PG Kompleks

8

9.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan tempat turunnya surat an-nas

Pernyataan

Siswa dapat menyebutkan tempat diturunkannya surat an-nas

L1

Isian singkat

9

10.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan surat

Ilustrasi

Siswa dapat menentukan surat yang diturunkan sesuai ilustrasi

L2

PG Kompleks

10

11.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan alasan surat an nas digolongkan surat makkiyah

Pernyataan

Siswa dapat menjelaskan alasan surat an-nas tergolong surat makkiyah

L2

Uraian

11

12.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menyebutkan arti nama al-Falaq

Pernyataan

Siswa dapat menyebutkan arti al-Falaq dengan benar

L1

Isian singkat

12

13.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan bunyi ayat surat al-Falaq

Tabel Pernyataan

Siswa dapat menentukan bunyi ayat surat al-Falaq

L2

PG Kompleks/

B-S

13

14.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan keutamaan membaca surat al-falaq

Ilustrasi

Siswa dapat menentukan keutamaan membaca surat al-Fatihah berdasarkan ilustrasi

L2

PG Kompleks

14

15.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan jumlah ayat surat al-Falaq

Pernyataan

Siswa dapat menentukan jumlah ayat surat al-Falaq

L1

Isian Singkat

15

16.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan isi kandungan surat al-Falaq

Daftar

Siswa dapat menentukan isi kandungan surat al-Falaq

L2

PG Kompleks

16

17.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Mengurutkan ayat surat al-Falaq

Tabel

Siswa dapat mengurutkan ayat surat al-Falaq dengan benar

L2

MATCHING

17

18.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan ayat surat al-Ikhlas

Daftar

Siswa dapat menentukan ayat surat al-Ikhlas

L2

PG Kompleks

18

19.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menentukan pernyataan yang benar mengenai surat al-Lahab

Tabel pernyataan

Siswa dapat menentukan pernyataan yang benar mengenai surat al-Lahab

L2

PG Kompleks/

B-S

19

20.

3.2 Memahami Q.S. alFatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)

Menuliskan alasan dikutuknya abu lahab dan istrinya

Pernyataan

Siswa dapat menjelaskan alasan disiksanya Abu Lahab dan istrinya

L2

Uraian

20

Download DISINI

Atau di link berikut: Kisi Kisi Soal Mapel Agama Al-Qur'an Hadits Kelas 1


Kop Madrasah

Mata Pelajaran

:

Al Qur’an Hadits

Nama

:

…………………………………

Kelas

:

1(satu)

Waktu

:

 

Hari / Tanggal

:

 

Nilai

:

…………………………………

 

1.    Al-Qur’an ditulis dengan huruf arab atau huruf hijaiyah. Dalam proses membaca al-Qur’an, kita harus mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah berjumlah ….

a.    28                                                       b. 29                                                   c. 30

2.    Agar bisa membaca Al-qur’an, kita harus hafal huruf hijaiyah. Tulislah 5 huruf pertama dari huruf hijaiyah!

3.    Ahmad adalah siswa kelas 1. Ketika di rumah, ia belajar menulis huruf-huruf hijaiyah yang berharakat fathah. Di bawah ini yang termasuk huruf hijaiyah yang ditulis Ahmad adalah ….

ð         بَ                         بِ                           جَ                                   جِ

( Beri tanda centang pada 2 jawaban yang benar)

4.    Pada saat pelajaran Al-qur’an Hadis, Aisyah diminta oleh ustadzah untuk menuliskan huruf hijaiyah yang berbunyi “ Batu “. Huruf hijaiyah tersebut adalah ….

5.    بُ Ùƒُ  (1)              (a) roti

بَ جُ  (2)               (b) buku

رَ تِ  (3)               (c) muda

Ù…ُ دَ    (4)               (d) baju

( Jodohkan dengan cara menarik garis pada pasangan yang benar)

6.    Ketika akan memulai pelajaran, terlebih dahulu siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qolbi selalu membaca surat Al-fatihah. Surat Al-Fatihah terdiri dari ….

a.    5 ayat                                                  b. 6 ayat                                            c. 7 ayat

7.    Surat Al-fatihah merupakan surat pembuka dalam Al-qur’an. Surat ini memiliki banyak nama. Berikut ini yang termasuk nama lain dari surat Al-fatihah adalah ….

Ummul kitab

B

S

 Al-ikhlas

B

S

 

 

 

Download  Soal DISINI 

Atau di link berikut: Soal Mapel Agama Al-Qur'an Hadits Kelas 1

Apabila dirasa dapat membantu dan bermanfaat silahkan shere dan bagikan ke rekan rekan guru agar lebih bermanfaat.

MI Nurul Huda Bandung #madrasah_Inspiratif


0 komentar:

Posting Komentar