MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Wisuda di MI Bandung Sukorejo Gandusari Trenggalek.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Belajar bersukur dengan kebersamaan.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Selamat bekerja anak anak laksanakan tugasmu sesuai fungsimu sebagai pelajar dan pembelajar, tak perlu risau tak perlu mencari kerjaan lain diluar tugas mu.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Semakin banyak belajar semakin banyak yang diingat dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang diingat, bukan semakin banyak belajar semakin banyak yang di lupakan dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang lupa, ngono yo ngono neng yo ojo ngono

Selasa, 27 Februari 2018

CONTOH PERANGKAT PAUD, RA/BA/TA/TK KURIKULUM 2013 HALL PELANG HOTEL JAAS PERMAI TRENGGALEK. 14 PEBRUARI 2018



Assalamu'alaikum wr. wb.

Selamat malam rekan guru dan pengunjung yang berbahagia yang tentunya kali ini selalu dalam lindungan dan RidloNya, Aamiin.

Berikut kami bagikan Contoh Perangkat PAUD, RA/BA/TA/TK  yang tentunya akan kami bagikan secara cuma-cuma dalam file word yang sangat mudah untuk di edit menyesuaikan kondisi madrasah sekolah bapak/Ibu guru yang dalam hal ini tentunya Ibu guru PAUD, RA/BA/TA/TK.

File ini merupakan hasil Worskhop Penguatan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahun 2018 Tanggal 14 Pebruari 2018 Hall Pelang Hotel Jaas Permai Trenggalek.

Berikut hanya sebatas contoh yang tentunya bukan hal yang paten dan musti mutlak seperti pada contoh berikut, akan tetapi merupakan contoh sebagai bahan rujukan Ibu guru  PAUD, RA/BA/TA/TK dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Baiklah tak perlu panjang lebar berikut Link downloadnya:

Selamat menyedot sepuasnya........

  1. PROTAH PAUD KURIKULUM 2013 TK KB TPA SMT 1,2 
  2. PROSEM PAUD KURIKULUM 2013 KLP A - SMT 1,2
  3. RPPH  PAUD KURIKULUM 2013 KELOMPOK  A  Semester 1
  4. RPPH PAUD KURIKULUM 2013 KELOMPOK  A semester 2
  5. RPPH  PAUD KURIKULUM 2013  KELOMPOK B SEMESTER 1
  6. RPPH PAUD KURIKULUM 2013 KELOMPOK B Smester 2
  7. RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI KURIKULUM 2013
  8. RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA IDENTITAS - MINGGU 1
  9. RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA WAJAHKU - MINGGU 2
  10. RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA ANGGOTA TUBUHKU - MINGGU 3
  11. RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA KESUKAANKU - MINGGU 4
  12. RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA ANGGOTA KELUARGA - MINGGU 5
  13. RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA KEBIASAAN - MINGGU 6
  14. RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA MAKANAN - MINGGU 7
  15. RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA RUMAHKU - MINGGU 8
  16. RPPH TK A K-13 (PAUD USIA 4-5 TH) - MINGGU 3

Atau Materi Pembinaan Bapak Kasi Pendma Trenggalek dan Bapak Pengawas di bawah ini:

  1. Materi Pembinaan Pak Kasi Pendma
  2. Materi Pembinaan Pak Pengawas 
  3. Materi KMA 186 Tahun 2017
Materi Ibu ANING WULANDARI, M.Pd 
  1. KURIKULUM 2013 REVISI 2017
  2. PERENCANAAN DAN PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 REVISI 2017
  3. STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013
Demikian apa yang dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan sesuai kiriman dari Ibu Nara Sumber Ibu ANING WULANDARI, M.Pd, semoga postingan ini dapat membantu Bpk/Ibu khususnya Ibu guru PAUD, RA/BA/TA/TK dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Terimakasih atas kunjungannya.


Berbagi Itu Indah

Senin, 26 Februari 2018

SILABUS PAI MI KELAS 1 DAN 2 REVISI ( BAHASA ARAB, FIKIH, AKIDAH AKHLAK DAN AL-QUR'AN HADITS)

SILABUS PAI REVISI MI KELAS 1 DAN 2 REVISI ( BAHASA ARAB, FIKIH, AKIDAH AKHLAK DAN AL-QUR'AN HADITS)


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapian kompetensi untuk penilaian.
berikut ini akan dibahas dua jenis silabus yaitu silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabus kurikulum 2013.

Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 untuk Madrasah Ibtidaiyah yang menjadi acuan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mata pelajaran PAI (Al Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI) dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.

Berikut kami bagikan Silabus PAI MI Kelas 1 dan 2 revisi (Bahasa Arab, Fikih, Akidah Akhlak dan Qur'an Hadits, Silahkan download pada link berikut:


  1. SILABUS _BHS ARAB_Kls1
  2. SILABUS_AQIDAH AKHLAQ_Kls 1
  3. SILABUS_FIKIH_Kls1
  4. SILABUS_QURDIS_Kls1


  1. SILABUS _BHS ARAB_Kls2
  2. SILABUS_AQIDAH AKHLAQ_Kls 2
  3. SILABUS_FIKIH_Kls2
  4. SILABUS_QURDIS_Kls2
Demikian Silabus PAI MI Kelas 1 dan 2 revisi (Bahasa Arab, Fikih, Akidah Akhlak dan Qur'an Hadits) yang dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan, semoga apa yang kami bagikan dapat membantu dan bermanfaat. dan terimakasih atas kunjungannya.
Berbagi Itu Indah.

Kamis, 22 Februari 2018

DOWNLOAD RPP K-13 KELAS 6 SEMESTER 1 DAN 2

DOWNLOAD RPP K-13 KELAS 6  SEMESTER 1 DAN 2


Assalamu'alaikum wr. wb.Selamat malam pengunjung yang budiman, selamat jumpa kembali dengan MI Nurul Huda Bandung yang dalam postingan kali ini akan berbagi seputar Download RPP K-13 Revisi 2017 Kelas 6 Semester 1 dan 2.
RPP K-13 Revisi 2017 Kelas 6  Semester 1 dan 2 ini admin bagikan dalam jenis file  word  silahkan download gratis.

Berikut Link downloadnya:


  1. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Bhinneka Tunggal Ika
  2. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Selamatkan Makhluk Hidup
  3. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Tokoh dan Penemu
  4. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Globalisasi
  5. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Wirausaha
  6. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat (1)
  7. RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat


Demikian Download RPP K-13 Revisi 2017 Kelas 6 Semester 1 dan 2 yang  dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Atau baca juga : DOWNLOAD RPP K-13 KELAS 4 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN 2

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah

Senin, 19 Februari 2018

PROPOSAL TESIS EMOSIONAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA

PROPOSAL TESIS 
EMOSIONAL INTELLIGENCE  DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA


A. Konteks Penelitian                                                                                                          
Pola pembangunan SDM di Indonesia selama ini terlalu mengedepankan IQ (kecerdasan intelektual) dan materialisme tetapi mengabaikan EQ (kecerdasan emosi) terlebih SQ (Kecerdasan spiritual). Pada umunya masyarakat Indonesia memang memandang IQ paling utama, dan menganggap EQ sebagai pelengkap, sekedar modal dasar tanpa perlu dikembangkan lebih baik lagi. Fenomena ini yang sering tergambar dalam pola asuh dan arahan pendidikan yang diberikan orang tua dan juga sekolah-sekolah negeri atau swasta pada umumnya. Maka tidak heran kalau banyak remaja siswa Madrasah Aliyah berprestasi tapi tidak sedikit kemudian mereka yang berprestasi juga menjadi siswa yang urakan dan mengabaikan tanggungjawabnya dalam menjalani proses pendidikan di sekolah, terjebak dalam pergaulan bebas, narkoba dan atau budaya tawuran sering dilakukan. Pengaruh obat-obatan terlarang, budaya kritis yang cenderung negatif karena mengurangi kesopanan pada guru dan orang tua, selama ini menjadi ciri adanya perubahan budaya pada remaja siswa di Indonesia.
Akhir-akhir ini, setiap orang dari kepala sekolah dasar hingga pengkotbah dan president telah berusaha sekuat tenaga mengatasi krisis perkembangan moral/akhlak anak-anak, tetapi makin lama keadaan justru semakin memburuk. Bila statistik untuk ini saja sudah mengejutkan, apa lagi cerita dibalik data tersebut.
Sehingga pada tahun 2003, lahirlah Undang-Undang SIKDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Nomor 20 Tahun 2003 merupakan awal reformasi pendidikan yang mencoba menyeimbangkan pola pembangunan SDM dengan mengedepankan SQ (Kecerdasan spiritual), EQ (kecerdasan emosi) dan tidak mengabaikan IQ (kecerdasan intelektual)[1]

1
            Sedangkan seiring perkembangan jaman dan kemajuan perkembangan dibidang pendidikan dan teknologi lambat laun pemerintah mulai memperhatikan pendidikan dengan memodifikasi kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang didalmnya tidak sekedar mementingkan IQ saja melaikan juga mengutamakan keberhasilan dari segi EQ, bahkkan SQ.  Dalam hal ini terbukti dengan diberlakunya Kurikulum 2013.[2]
Oleh karena itu, kecerdasan emosional harus slalu diasah. Penelitian-penelitian telah menunjukkan bahwa keterampilan EQ yang sama untuk membuat siswa yang bersemangat tinggi dalam belajar, atau untuk disukai oleh teman-temannya di arena bermain, juga akan membantunya dua puluh tahun kemudian ketika sudah masuk kedunia kerja atau ketika sudah berkeluarga[3]
Daniel Golman mengangkat kasus yang sangat tragis berkenaan dengan orang yang IQ-nya tinggi, tetapi sebaliknya EQ-nya sangat rendah, yang merupakan tipe-tipe akademis murni. Jason H. adalah seorang siswa SMU yang cerdas, ia memiliki cita-cita untuk memasuki fakultas kedokteran Harvard. Akan tetapi, kata Golman, karena Pologruto,guru guru fisikanya member nilai 80 kepada Jason dalam satu tes, akibanya menjadi sangat fatal. Jason beranggapan bahwa dengan nilai ia akan terhalang untuk memasuki fakultas kedokteran, karena itu dengan sebuah pisau dapur ia tusuk guru fisikanya tersebut[4] Disinilah, seperti dikatakan oleh Golman,yang ‘pintar’ itu berubah menjadi “bodoh,” karena apa yang telah di cita-citakan, hancur berantakan karena ketidak mampuannya untuk mengendalikan diri (nafsu) sendiri.
Banyak media-media masa ,media online dan televisi yang memberitakan tentang rendahnyan kecerdasa emosional yang dimiliki remaja-remaja kita saat ini, sehingga itu berimbas pada Akhlakul karimah mareka. Seperti yang diberitakan http://metro.sindonews.com  Sedikitnya lima sekolah terlibat dalam aksi tawuran yang menewaskan Ahmad Arifin (17) siswa SMK PGRI 2 di Cikokol, Kota Tangerang pada Senin 6 April 2015 kemarin. Saat ini, kasus tersebut tengah diselidiki pihak kepolisian setempat.[5]

Berita yang lain, “Kategori : Sindo Siang ,Kalangan pelajar dan guru di Grobogan, Jawa Tengah, dihebohkan beredarnya video mesum yang diduga dilakukan oleh pasangan pelajar dari MAN 1Purwodadi.
Ironisnya,  dalam video yang berdurasi 10 menit tersebut, pengambilan gambar tampak dilakukan oleh warga yang mempergoki kedua pelaku tengah melakukan hubungan seks di obyek wisata Gua Macan Desa Sumberjatipohon Kecamatan Grobogan. Menanggapi hal itu, Wakil Kepala MAN Purwodadi M Bashori mengakui seragam yang dipakai pelaku adalah seragam MAN. Tetapi pihaknya belum percaya pelakunya adalah siswanya. Kapolres Grobogan AKBP Indra Dermawan memastikan, pihaknya sudah mengetahui ciri-ciri warga yang terlibat adegan mesum tersebut”.[6]
Fenomena-fenomena tersebut adalah salah satu gambaran kurangnnya pengetahuan tentang diri (EQ) tidak dimiliki peserta didik kita, akibatnya terjadi “kekosongan” yang kemudian di isi oleh sentiment, kemarahan, kesombangan dan sifat-sifat buruk lainnya, yang menggerakkan untuk berbuat jahat. Dalam bahasa al-Qura’an dikatakan, barang siapa menolak pengajaran Allah, maka syaitan akan mendudukinya untuk melakukan tindakan-tindakan jahat[7]
Mengetahui diri sendiri berarti mengetahui potensi-potensi dan kemampuan yang dimiliki sendiri, mengetahui kelemahan-kelemahan dan juga perasan dan emosi. Dengan mengetahui hal tersebut, seseorang mestinya juga bisa mendayagunakan, mengekspresikan, mengendalikan dan juga mengomunikasikan dengan pihak lain[8]
Sekolah merupakan tempat bagaimana anak belajar berinteraksi dengan orang lain. Sekolah harus membangun budaya yang mengedepankan aspek moral, cinta kasih, kelembutan, nilai demokratis, menghargai perbedaan, berlapang dada menerima kenyataan, dan menjauhkan diri dari nilai-nilai kekerasan. Sekolah harus meningkatkan kecerdasan emosional (psikologis) yang berpengaruh terhadap faktor Akhlak (tingkah laku) siswa agar dapat mencapai tingkat mutu pendidikan.
Semua permasalahan di atas merupakan sebuah realita yang mana kecerdasan emosional itu sangat berpengaruh tehadap tingkah laku (akhlak) seseorang. Pengaruh kecerdasan emosional bisa digambarkan melalui kekuatan emosi seseorang yang bisa lebih kuat daripada kekuatan logikanya. Itu karena, otak logika berfikir kalah cepat dengan otak emosi. Yang dimaksud dengan otak emosi, adalah bagian otak yang disebut amigdala, yaitu bagian yang berproses memberikan respon berupa tindakan emosional.
Permasalahan yang banyak muncul dan terjadi adalah permasalahan yang berhubungan dengan setting/beground keluarga siswa, yang sangat mempengaruhi tingkah laku atau akhlak mereka di sekolah. Anak-anak yang memiliki permasalahan keluarga (broken home) sering mangalami stress yang berlebihan sehingga akan membuat mereka tidak besemangat dalam mengikuti pelajaran, dan berlaku acuh-tak acuh terhadap semua orang,  dia sering tidak bersemangat dalam mengikuti setiap pelajaran, tidak disiplin dan sering membolos sekolah. Namun berkat bimbingan-bimbingan yang dilakukan oleh pihak sekolah pasti bisa membuat perubahan yang besar. Inilah bagaimana sekolah sangat berperan penting dalam membentuk prilaku setiap siswa menjadi orang yang dewasa dan mandiri.
Maka dari itu, dalam kaitan pentingnya kecerdasan emosional pada diri siswa sebagai salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam pembentukan akhlaknya, maka dalam penyusunan Proposal Tesis ini penulis tertarik untuk meneliti ada atau tidaknya kaitan  anatara  Emosional Intelligence  Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa, melalui Studi Multi Situs Di .....................dan ........................




[1]Tuti. Kecerdasan Emosional/ http;//azzahra-university.ac.idselasa 03 Juni 2015. 12:00 WIB
[2] Peraturan Pemerintah nomer 32 tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah nomer 19 tahun 2005 tentang Setandar Nasional Pendidikan,
[3]Jeanne Anne Craig. Bukan seberapa cerdas diri anda tetapi bagaiman anda cerdas/alih bahasa Arvin saputra. (Batam: Interaksara,2004).hlm 19
[4] Suharsono. Melejitkan IQ, EQ, SQ. (Depok: Inisiasi Press,2005). hlm 115
[7] Suharsono. Op., Cit., hlm 116
[8] Ibid. hlm 119

Minggu, 18 Februari 2018

DOWNLOAD RPP KELAS 5 K-13 SEMESTER 1 DAN 2 REVISI TERBARU

DOWNLOAD RPP KELAS 5 K-13 SEMESTER 1 DAN 2 REVISI TERBARU


Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat pagi selamat menjalankan aktifitas semoga Allah Swt. selalu menyertai semua ikhtiyar kita, Aamiin.

Bapak ibu saudara pengunjung yang budiman kali ini MI Nurul Huda Bandung akan berbagi seputar Download RPP Kelas 5 K-13 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru dalam bentuk file words yang sangat mudah diedit sesuai kebutuhan masing masing.

Mari kita simak selanjutnya, berikut alamat link dawnloadnya:


  1. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
  2. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Peristiwa Dalam Kehidupan
  3. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Kerukunan Dalam Bermasyarakat
  4. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Sehat Itu Penting
  5. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
  1. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Organ Tubuh Manusia dan Hewan
  2. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Sejarah Peradaban Indonesia
  3. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Ekosistem
  4. RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Lingkungan Sahabat Kita


Jika mungkin ada file yang terkunci pasword ada  DISINI

Demikian Download RPP Kelas 5 K-13 Semester 1 dan 2 Revisi Terbaru yang dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Atau baca juga : DOWNLOAD RPP K-13 REVISI 2017 KELAS 1 SEMESTER 1 DAN 2

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah

Jumat, 16 Februari 2018

DOWNLOAD PROGRAM SEMESTER 1 DAN 2 SD/MI K-13

DOWNLOAD PROGRAM SEMESTER 1 DAN 2 SD/MI K-13


Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat pagi selamat jumpa kembali bersama MI Nurul Huda Bandung yang kali ini akan berbagi seputar Download Program Semester SD/MI dalam bentuk word yang sangat mudah diedit sesuai kebutuhan anda.

Berikut alamat downloadnya:

  1. Promes  kelas 1 semester 1
  2. Promes  kelas 1 semester 2
  3. Promes  kelas 2 semester 1
  4. Promes  kelas 2 semester 2
  5. Promes  kelas 3 semester 1
  6. Promes  kelas 3 semester 2
  7. Promes  kelas 4 semester 1
  8. Promes  kelas 4 semester 2
  9. Promes  kelas 5 semester 1
  10. Promes  kelas 5 semester 2
  11. Promes  kelas 6 semester 1
  12. Promes  kelas 6 semester 2


Demikian Download Program Semester SD/MI yang dapat MI Nurul Huda Bandung,
Barang kali menemukan file yang terkunci pasword untuk membuka ada DISINI

Atau baca juga : RPP KELAS 4 SEMESTER 2 TEMA 7

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah.

Kamis, 15 Februari 2018

DOWNLOAD RPP K-13 KELAS 4 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN 2

DOWNLOAD RPP K-13 KELAS 4 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN 2


Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat malam pengunjung yang budiman, selamat jumpa kembali dengan
 MI Nurul Huda Bandung yang dalam postingan kali ini akan berbagi seputar Download RPP K-13 Revisi 2017 Kelas 4 Semester 1 dan 2.
RPP K-13 Revisi 2017 Kelas 4  Semester 1 dan 2 ini admin bagikan dalam jenis file  word  silahkan download gratis.

Berikut Link downloadnya:
 


  1. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Indahnya Kebersamaan
  2. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Selalu Berhemat Energi
  3. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Peduli Terhadap Makhluk Hidup
  4. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Berbagai Pekerjaan

  1. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Pahlawanku
  2. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Indahnya Negeriku
  3. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Cita-Citaku
  4. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tempat Tinggalku
  5. RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Makanan Sehat dan Bergizi
Maaf jika menemukan file terkunci pasword ada di SINI


Demikian Download RPP K-13 Revisi 2017 Kelas 4 Semester 1 dan 2 yang dapat MI Nurul Huda Bandung  bagikan.

Atau baca juga : DOWNLOAD RPP K-13 KELAS 3 REVISI 2017 SEMESTER 1 DAN 2

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah