MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Wisuda di MI Bandung Sukorejo Gandusari Trenggalek.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Belajar bersukur dengan kebersamaan.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Selamat bekerja anak anak laksanakan tugasmu sesuai fungsimu sebagai pelajar dan pembelajar, tak perlu risau tak perlu mencari kerjaan lain diluar tugas mu.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Semakin banyak belajar semakin banyak yang diingat dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang diingat, bukan semakin banyak belajar semakin banyak yang di lupakan dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang lupa, ngono yo ngono neng yo ojo ngono

Selasa, 05 September 2017

CONTOH PERATURAN AKADEMIK

CONTOH PERATURAN AKADEMIK TERBARU


Selamat siang rekan-rekan pengunjung yang berbahagia, kali ini MI Nurul Huda Bandung akan berbagi file Contoh Peraturan Akademik dalam bentuk file doc. yang dapat diedit sesuai keinginan rekan-rekn semua.

Silahkan download di link  berikut:

DOWNLOAD CONTOH PERATURAN AKADEMIK di  SINI

Demikian file Contoh Peraturan Akademik yang dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan.
Semoga bermanfaat.

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi itu Indah.

CONTOH KODE ETIK GURU MADRASAH

CONTOH KODE ETIK GURU MADRASAH


Berikut MI Nurul Huda Bandung akan bagikan Contoh Kode Etik Guru Madrasah, Silahkan  di download dan dibagikan jika bermanfaat

DOWNLOAD CONTOH KODE ETIK GURU MADRASAH

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah.

CONTOH EVALUASI DIRI MADRASAH

CONTOH EVALUASI DIRI MADRASAH

Asalamu'allaikum wr.wb.
Selamat siang selamat berjumpa lagi, kali ini MI Nurul Huda Bandung Sukorejo akan berbagi seputar Evaluasi Diri Madrasah (EDS)

Terkadang kita merasa kebingungan mencari rujukan ataupun contoh Evaluasi Diri Madrasah (EDS), padahal itu merupakan suatu kewajiban sekolah atau madrasah dalam upaya memajukan sekolah madrasah.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) ini disusun sebagai acuan untuk membuat Rencana Pengembangan Madrasah (RKM) dan Rencana Anggaran Pengembangan Madrasah (RAKM). Melalui  EDM ini diharapkan Madrasah dapat berbenah diri dengan melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan kekuatan, kelemahan, peluang-peluang serta hambatan-hambatan yang dihadapi.

Adapun point-point Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang dapat di Download adalah sebagai berikut :

1. EDM STANDAR ISI
2. EDM STANDAR PROSES
3. EDM SKL
4. EDM STANDAR TENDIK
5. EDM SARPRAS
6. EDM PENGELOLAAN
7. EDM PEMBIAYAAN
8. EDM STANDAR PENILAIAN

Demikian Contoh Evaluasi Diri Madrasah (EDS) yang MI Nurul Huda Bandung Sukorejo.
MI Nurul Huda Bandung Sukorejo.
Berbagi itu Indah.

CONTOH BUKU CATATAN HARIAN SISWA

CONTOH BUKU CATATAN HARIAN SISWA




Buku catatan harian siswa ini adalah buku catatan guru kelas dan guru mapelajaran terkait perkembangan kepribadian dan prilaku kusus siswa di madrasah setiap hari.
Setiap siswa mempunyai kencenderungan dan prilaku khusus yang menyimpang dan membutuhkan perhatian dan pembinaan khusus pula dari seorang guru atau pendidik sebagai pembina siswa disekolah/madrasah.
Namun perlu diketahui bahwa disekolah/madrasah terdapat banyak siswa dan banyak prilaku yang perlu banyak perhatian khusus dari seorang guru, disini guru tidak harus menulis dan mencatat semua hal yang terkait siswa secara keseluruhan , Bapak ibu cukup mencatat hal hal positif atau negatif saja dari terkait siswa, dan hal tersebut merupakan sumber masukan dan pemikiran baru bahan kajian untuk guru dan sekolah dalam mencari pemecahannya.

Baiklah .
langsung saja silahkan di download file lengkapnya di link berikut, tapi ingat itu hanya sebagai contoh dan bahan rujukan.

DOWNLOAD CONTOH BUKU CATATAN HARIAN SISWA

MI Nurul Huda Bandung Sukorejo
Berbagi itu Indah.


Senin, 04 September 2017

MAKALAH TENTANG KURIKULUM 2013

MAKALAH TENTANG KURIKULUM 2013



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum terhadap kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat di pandang sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam.
Kurikulum sebagaimana yang ditegaskan dalam Pasal 1 ayat (19) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.  [1]
  Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan dari Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara terpadu.[2]
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa landasan kurikulum 2013?
2.      Bagaimana karakteristik kurikulum 2013?
3.      Bagaimana proses pembelajaran kurikulum 2013?
4.      Bagaimana bentuk penilaian pada kurikulum 2013?
C.    TUJUAN MASALAH
1.      Untuk mengetahui landasan kurikulum 2013.
2.      Untuk mengetahui karakteristik kurikulum 2013.
3.      Untuk menetahui proses pembelajaran kurikulum 2013.
4.      Untuk mengetahui bentuk penilaian kurikulum 2013.
D.    BATASAN MASALAH
Pada makalah ini kami membatasi permasalahan sebagai berikut:
1.      Landasan kurikulum 2013.
2.      Karakteristik kurikulum 2013.
3.      Proses pembelajaran kurikulum 2013.
4.      Bentuk penilaian kurikulum 2013.

 BAB II
PEMBAHASAN

A.      Landasan Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis, landasan filosofis, landasan empirik dan landasan teoritik. Landasan filosofis adalah landasan yang mengarahkan kurikulum kepada manusia apa yang akan dihasilkan kurikulum. Landasan teoritik memberikan dasar-dasar teoritik pengembangan kurikulum sebagai dokumen dan proses. Landasan empirik memberikan arahan berdasarkan pelaksanaan kurikulum yang sedang berlaku dilapangan.[1]
1.      Landasan Yuridis
Landasan yuridis kurikulum adalah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional, PP.No.19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 23 tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 tahun 2006 tentang standar isi. Lebih lanjut, pengembangan kurikulum tahun 2013 diamanatkan oleh Rencana Pendidikan Menengah Nasional (RJPMN). Landasan yuridis pengembangan kurikulum 2013 lainnya adalah Instruksi Presiden Republik       Indonesia tahun 2010 tentang pendidikan karakter, pembelajaran aktif dan pendidikan kewirausahaan. Landasan Yuridis merupakan ketentuan hukum yang dijadikan dasar untuk pengembangan kurikulum dan yang mengharuskan adanya pengembangan kurikulum baru.
2.      Landasan Filosofis
Secara singkat kurikulum bertujuan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa akan datang, yang dikembangkan dari warisan nilai dan prestasi bangsa dimasa lalu, kemudian diwariskan serta dikembangkan untuk kehidupan masa depan. Ketiga dimensi kehidupan bangsa, masa lalu, sekarang dan masa mendatang menjadi landasan filosofis pengembangan kurikulum. Pewarisan nilai dan prestasi bangsa dimasa lampau memberikan dasar bagi pengembangan dan pembangunan kualitas kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang. Dengan tiga dimensi kehidupan tersebut, kurikulum selalu menempatkan peserta didik sebagai warga negara yang tidak kehilangan kepribadian dan kualitas untuk kehidupan masa kini dan masa mendatang yang lebih baik.
3.      Landasan Empiris
Pada saat ini perekonomian indonesia terus tumbuh ditengah bayang-bayang resesi dunia. Pertumbuhan ekonomi indonesia harus terus ditingkatkan. Generasi muda berjiwa usaha yang tangguh, kreatif ,ulet, jujur dan mandiri sangat diperlukan untuk memantapkan pertumbuhan ekonomi indonesia dimasa depan. Generasi semacam ini tidak muncul karena seleksi alam, namun karena hasil pendidikan pada tiap jenjang satuan pendidikan dengan kurikulum sebagai pengarahnya. Kurikulum harus mampu membentuk manusia indonesia yang mampu menyeimbangkan kebutuhan individu dan masyarakat untuk memajukan jati diri sebagai bagian dari bangsa Indonesia dan kebutuhan untuk berintegrasi sebagai satu entitas bangsa Indonesia. Kurikulum seharusnya juga diarahkan untuk membangun kesadaran serta kepedulian generasi muda terhadap lingkungan alam dan menumbuhkan kemampuan untuk memecahkan masalah secara kreatif terhadap isu-isu yang berkembang.
4.      LandasanTeoritik
Kurikulum 2013 dikembangkan atas dasar “pendidikan berdasarkan standar” (standar based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi. Pendidikan berdasarkan standar adalah pendidikan yang menetapkan standar nasional sebagai kualitas minimal warga negara  untuk suatu jenjang pendidikan. Kurikulum dikembangkan agar peserta didik mampu mencapai kualitas standar nasional atau diatasnya. Standar kualitas nasional dinyatakan sebagai standar kompetensi lulusan. Standar kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Kompetensi merupakan kemampuan seseorang untuk bersikap, menggunakan pengetahuan dan ketrampilan untuk melaksanakan suatu tugas disekolah, masyarakat dan lingkungan dimana yang bersangkutan berinteraksi. Kurikulum 2013 dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya kepada peserta didik, untuk mengembangkan sikap, pengetahuan,dan ketrampilan yang diperlukan untuk membangun kemampuan yang dirumuskan dalam SKL. Hasil dari pengalaman tersebut adalah hasil belajar peserta didik yang menggambarkan manusia dengan kualitas yang dinyatakan dalam SKL.[2]

B.       Karakteristik kurikulum 2013
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Oleh karena itu pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL.[3] Keberhasilan kurikulum diartikan sebagai pencapaian kompetensi yang dirancang dalam dokumen kurikulum .
            Kompetensi untuk kurikulum 2013 dirancang sebagai berikut :
1.      Isi atau konten kurikulum dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.
2.    Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan  yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi inti adalah kualitas yang harus dimiliki peserta didik untuk tiap kelas melalui pembelajaran KD yang diorganisasikan dalam proses pembelajaran aktif.
3.    Kompetensi dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu tema untuk SD/MI,dan untuk mata pelajaran dikelas tertentu untuk SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK.
4.    Kompetensi Inti (KI) menjadi unsur organisatoris (organizing elements) kompetensi dasar yaitu semua KD dan proses pembelajaran dikembagkan untuk mencapai dalam kompetensi inti.
5.    Kompetensi dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
6.    Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk satu tema (SD/MI) atau satu kelas dan satu mata pelajaran (SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata pelajaran dikelas tersebut.
7.    Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dikembangkan dari setiap KD yang untuk mata pelajaran dan kelas tersebut.[4]
=======================================================================
untuk file lengkap dalam bentuk Word yang dapat di edit monggo di donwload saja linknya di bawah ini:



3. BAB. III

[1] Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki, Materi...19
[2]  Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki, Materi,
 [3] Ibid,…19



[1] Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maliki, Materi PLPG,Malang,UIN Maliki Pres,2013,19

Demikian terimakasih semoga bermanfaat  dan dapat membantu.
Berbagi itu indah.



MAKALAH: MONGOLIA, JENGISKAN DAN HULAGU

MAKALAH: MONGOLIA, JENGISKAN DAN HULAGU
 Selamat siang selamat beraktifitas, kali ini Admin akan berbagi Contoh Makalah tentang Mongolia, Jengiskan dan Hulagu.
=======================================================================


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Masa khilafah Abbasiyah dielu-elukan sebagai masa keemasan Islam. Karena pada masa ini kemajuan dalam berbagai bidang sangat pesat. Namun jatuhnya kota Baghdad pada tahun 1258 M ke tangan bangsa Mongol bukan saja mengakhiri khilafah Abbasiyah di sana, tetapi juga merupakan awal dari masa kemunduran politik dan peradaban Islam, karena Baghdad sebagai pusat kebudayaan dan per-adaban Islam yang sangat kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan itu ikut lenyap dibumihanguskan Mongol yang dipimpin Hulagu Khan.[1] Namun meski demikian, serangan Mongol hanyalah sebuah pamungkas yang menghancurkan kekhalifahan.[2] Karena benih-benih kemunduran dan kehancuran sebenarnya muncul dari kekhalifahan Abbasiyah itu sendiri. Hal ini bisa dilihat dari banyak bermunculan dinasti yang semakin melemahkan stabilitas pemerintahan Abbasiyah saat itu.
Berakhirnya kekuasaan Dinasti Saljuk atas Baghdad atau Khilafah Abbasyiah merupakan awal dari periode kelima. Pada periode ini Khalifah Abbasyiah tidak lagi berada di bawah kekuasaan satu dinasti tertentu. Walaupun banyak sekali Dinasti Islam berdiri ada yang besar namun yang banyak adalah dinasti-dinasti kecil. Perpecahan-perpecahan yang terjadi inilah membuat lemahnya Dinasti Abbasyiah, sehingga pada masa inilah Bangsa Mongol dan Tartar menyerang Baghdad. Baghdad hancur lebur akibat serangan Mongol yang kejam, bengis dan tidak berperikemanusiaan itu. Dengan demikian berakhirlah kekuasaan Bani Abbasyiah setelah berkuasa selama 500 tahun lamanya.
Orang Mongol, yang terdiri dari kelompok-kelompok klan yang berdiri sendiri, pada awalnya hidup di dataran tinggi sebelah utara Gurun Gobi. Sesekali mereka menyerang Cina atau menjarah kafilah yang menyusuri jalur sutera yang menghubungkan Cina, Persia dan India.


[1] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998), . 111.
[2] Philip K. Hitti, History of The Arabs (terj.), (Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005),  616
Silahkan download file doc berikut sebagai referensi rekan rekan dalam membuat makalah terkait materi tersebut.

Berikut Link Downloadnya untuk mendapatkan file doc. yang dimaksud.:

DOWNLOAD

Terimakasih atas kunjungannya semoga bermnfaat.
Berbagi itu indah.

MI Nurul Huda Bandung Sukorejo

Jumat, 01 September 2017

PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

CONTOH MAKALAH PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
Berikiut adalah contoh Makalah Pendidikan Seumur Hidup, yang akan MI Nurul Huda Bandung bagikan , semoga bermanfaat.

Untuk file lengkap silahkan download di link berikut:

MAKALAH PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

Terimakasih atas kunjungannya,
Berbagi itu indah.