MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Wisuda di MI Bandung Sukorejo Gandusari Trenggalek.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Belajar bersukur dengan kebersamaan.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Selamat bekerja anak anak laksanakan tugasmu sesuai fungsimu sebagai pelajar dan pembelajar, tak perlu risau tak perlu mencari kerjaan lain diluar tugas mu.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Semakin banyak belajar semakin banyak yang diingat dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang diingat, bukan semakin banyak belajar semakin banyak yang di lupakan dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang lupa, ngono yo ngono neng yo ojo ngono

FOTO KEGIATAN

FOTO KEGIATAN
documentasi

Mengenai Saya

Sabtu, 23 September 2017

SOAL PTS 1 PKn KELAS 5 DAN 6

SOAL PTS 1 PKn KELAS 5 DAN 6

Berikut MI Nurul Huda Bandung Bagiakn soal PTS 1 PKn Kelas 5 dan 6 sebagai bahan latihan bagi anak-anak kita, silahkan dibaca dan do download untuk latihan.

I. Pilihan ganda
1. Pada awal kemerdekaan, Negara kita berjumlah … provinsi.
A. 7
B. 8
C. 27
D. 33

2. Pancasila oleh bangsa Indonesia merupakan ….
A. semboyan
B. dasar negara
C. dasar hukum
D. lambang negara

3. Bentuk pemerintahan negara kita adalah ….
A. Federasi
B. Republik
C. Kerajaan
D. Kesultanan

4. Negara tetangga yang berbatasan darat dengan Indonesia adalah …. 
A. Laos
B. Filipina 
C. Singapura
D. Papua Nugini

5. Sebagian besar wilayah Negara Indonesia berbentuk ….
A. selat
B. benua
C. daratan
D. kepulauan

6. Membina persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting, karena bangsa Indonesia ….
A. memiliki wilayah yang terbentang sangat luas
B. memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak
C. sedang melaksanakan berbagai pembangunan
D. terdiri dari berbagai suku budaya, bahasa, agama yang berbeda

7. Negara Indonesia memerlukan stabilitas nasional yang bertujuan untuk ….
A. memperlancar pembangunan
B. menguasai bangsa-bangsa lain
C. menghambat laju pembangunan
D. mencampuri urusan Negara lain

8. Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya. Hal ini merupakan ….
A. hak hidup
B. toleransi
C. kewajiban
D. hak asasi manusia

9. Bab XII dalam undang-undang dasar 1945 mengatur tentang ….
A. pertahanan dan keamanan
B. pendidikan dan kebudayaan
C. bentuk Negara dan kedaulatan
D. kekuasaan pemerintahan negara

10. Sikap kita terhadap hak-hak seseorang adalah ….
A. acuh
B. biasa saja
C. menghormati
D. kurang memerhatikan

11. Pembinaan kerukunan di dalam keluarga dilakukan dengan ….
A. banyak beramal
B. membeli perabot rumah tangga
C. saling mengasihi dan menyayangi
D. menjadi anggota pengurus kampung

12. Salah satu contoh cara membina kerukunan antar pelajar yaitu dengan ….
A. bersikap acuh
B. memberikan contekan
C. mengutamakan kepentingan bersama
D. membina pergaulan secara berkelompok

13. Suatu cara untuk menciptakan rasa persatuan dan kesatuan di sekolah adalah dengan cara ….
A. ikut dalam kegiatan persami
B. membeli produk-produk terbaru
C. giat menabung untuk masa depan
D. bersaing untuk menjadi yang terbaik

14. Perilaku yang tidak sesuai dalam menjaga keutuhan NKRI dapat menimbulkan … antar sesama warga.
A. persatuan
B. perpecahan
C. perdamaian
D. kebersamaan

15. Salah satu sikap mengamalkan sila ke 3 adalah ….
A. bersikap adil dan bijaksana
B. tidak membeda-bedakan suku
C. menjaga persatuan antar sesama
D. memiliki rasa sosial terhadap sesama

II. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!
16. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai ….
17. Wilayah laut Indonesia diukur dari pantai saat air laut surut sejauh … mil.
18. Salah satu provinsi yang memisahkan diri dari Indonesia adalah ….
19. Jumlah provinsi Negara Indonesia saat ini adalah ….
20. Kegiatan siskamling bagi tiap warga Negara merupakan … bagi semua.
21. Kekuatan utama dalam mempertahankan keamanan Negara merupakan tugas dari ….
22. Kedaulatan Negara berada ditangan ….
23. Memiliki sikap adil dalam bersosial terhadap sesama merupakan amalan dari sila ke ….
24. Semboyan Bhineka Tunggal Ika berasal dari kitab ….
25. Satu contoh sikap cinta tanah air  yaitu dengan membeli produk …. 

III. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas !
26. Sebutkan 2 benua yang mengapit Indonesia !
27. Berikan 3 contoh kewajiban kita sebagai warga Negara !
28. Mengapa kita harus menjaga keutuhan NKRI !
29. Berikan 3 contoh perilaku kita dalam menjaga keutuhan sebagai warga kelas !
30. Sebutkan contoh perilaku kita dalam mengamalkan pancasila sila pertama !


Soal Lengkap Download di bawah ini

1. SOAL PTS 1 PKn 6


2.SOAL PTS 1 PKn 5

Demikian terimakasih atas kunjungannya, dan semoga bermanfaat.
MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah

Kamis, 21 September 2017

KONSEP FILOSIFIS KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM

KONSEP FILOSIFIS KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM 


Konsep Filosofis Komponen Pendidikan Islam

A.      Pendahuluan
Problematika Pendidikan Islam sebagaimana halnya pendidikan lainnya merupakan persoalan besar yang senantiasa berada dalam proses dan tidak akan pernah mencapai titik akhir. Oleh karena itu debat akademik mengenai pendidikan Islam tidak akan pernah selesai dan tidak mungkin dielakkan.[1]
Filsafat pendidikan Islam dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat dalam Islam terhadap masalah-masalah kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia Muslim dan Umat Islam. Di samping itu filsafat pendidikan Islam, juga merupakan studi tentang penggunaan dan penerangan metode dan sistem filsafat Islam dalam memecahkan problematika pendidikan umat Islam,dan selanjutnya memberikan arah dan tujuan yang jelas terhadap pelaksanaan pendidikan umat Islam.[2]
Suatu aktivitas dapat disebut pendidikan apabila di dalamnya terdapat komponen-komponen pokok pendidikan Islam. Secara filosofis komponen pokok pendidikan Islam di bagi menjadi lima yaitu tujuan pendidikan, pendidik dan peserta didik, kurikulum pendidikan, metode pendidikan, dan konteks pendidikan. Kelima komponen ini merupakan sebuah sistem yaitu satu kesatuan pendidikan yang masing-masing berdiri sendiri, tetapi berkaitan satu sama lainnya sehingga terbentuk satu kebulatan yang utuh dalam mencapai tujuan yang diinginkan.[3]
Dalam makalah ini fokus masalah yang dibahas adalah Komponen Pendidikan Islam yang meliputi:
1.        Tujuan Pendidikan Islam.
2.        Pendidik dan Peserta Didik.
3.        Kurikulum Pendidikan.
4.        Metode Pendidikan.
5.        Konteks Pendidikan.
B.       Pembahasan
1.      Tujuan Pendidikan Islam.
Membicarakan tujuan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari pembicaraan tentang tujuan hidup manusia. Manusia merupakan makhluk yang senantiasa mengarahkan hidupnya sesuai dengan tujuan. Tujuan adalah objek (sasaran,maksud) yang mau dicapai oleh seorang pelaku. Tujuan adalah keadaan aktualisasi terakhir dari suatu bentuk, esensi, atau proses yang mencapai ketuntasannya dan tidak memerlukan perkembangan lebih lanjut.[4]
Pendidikan Islam adalah usaha untuk membentuk manusia yang perilakunya didasari dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Allah, yaitu manusia yang dapat merealisasikan idealitas Islami yang menghambakan sepenuhnya kepada Allah.[5]
Tujuan pendidikan harus memiliki tiga kriteria yaitu:
a.       Tujuan harus dapat menciptakan perkembangan yang lebih baik daripada kondisi yang sudah ada.
b.      Tujuan itu harus fleksibel, yang dapat disesuaikan dengan keadaan.
c.       Tujuan itu harus mewakili kebebasan aktivitas.[6]
Tujuan pendidikan Islam dibagi menjadi dua yaitu tujuan antara (tujuan khusus) dan tujuan akhir (tujuan umum). Tujuan antara dalam pendidikan Islam dibagi dalam tiga jenis yaitu:
a.       Tujuan individual yaitu tujuan yang berkaitan dengan kepribadian individu dan pelajaran-pelajaran yang dipelajarinya. Tujuan ini menyangkut perubahan-perubahan yang diinginkan pada tingkah laku mereka, aktivitas dan pencapaiannya, pertumbuhan kepribadian dan persiapan mereka di dalam menjalani kehidupannya di dunia dan akhirat.
b.      Tujuan sosial yaitu tujuan yang berkaitan dengan kehidupan sosial anak didik secara keseluruhan. Tujuan ini menyangkut perubahan-perubahan yang dikehendaki bagi pertumbuhan, memperkaya pengalaman dan kemajuan mereka di dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.
c.         Tujuan Profesional yaitu tujuan yang berkaitan dengan pendidikan sebagai ilmu, sebagai seni, sebagai profesi dan sebagai suatu aktivitas di antara aktivitas-aktivitas yang ada di dalam masyarakat.[7]
Sedangkan tujuan akhir (tujuan umum) pendidikan Islam adalah penyerahan secara mutlak kepada Allah. Tujuan akhir pendidikan Islam seyogyanya mengandung nilai-nilai Islami, yang dapat diwujudkan baik dalam bentuk normatif(berdasarkan norma-norma yang hendak diinternalisasikan),fungsional(mendayagunakan aspek kognitif,afektif, dan psikomotorik), maupun operasional(dapat dilaksanakan).[8]
2.      Pendidik dan Peserta Didik.
Pendidik merupakan pembentuk kepribadian kedua setelah orang tuanya di dalam keluarga peserta didik,karena itu pendidik beserta segala perilaku dan gerak-geriknya memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kehidupan dan kepribadian anak didik dilingkungan pendidikan dimana di dalamnya peserta didik mendapat pendidikan.[9]
Pendidik selain bertugas melakukan transfer of knowledge juga sebagai seorang motivator dan fasilitator bagi proses belajar peserta didiknya. Sehingga dengan tanggung jawab itu pendidik memiliki tiga fungsi yaitu:
a.       Fungsi intruksional yang bertugas melaksanakan pengajaran.
b.      Fungsi edukasional yang bertugas mendidik peserta didik agar mencapai tujuan pendidikan.
c.       Fungsi manajerial yang bertugas memimpin dan mengelola proses pendidikan.[10]



[1] Mastuhu,Pendidikan Islam Indonesia,dalam Perspektif Sosiologi(Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah,1992), 1
[2]Haris  Hermawan,Filsafat Pendidikan Islam(Jakarta:Dirjen Pendis Kemenag RI,2012), 29
[3] Muhaimin dan Abdullah, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya,( Bandung:Trigenda Karya,1993), 166
[4] Haris Hermawan, Filsafat …, 124
[5] M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta:Bina Aksara,1987), 119
[6] Toto Suharto, Filsafat  Pendidikan Islam,(Jogyakarta:Ar-Ruzz Media,2011), 109
[7] Hasan Langgulung, Falsafah Pendidikan Islam,(Jakarta: Bulan Bintang,1979), 399
[8] M. Arifin, Filsafat…, 126
[9] Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran,(Jakarta:Hidakarya Agung,1978), 11
[10] Muhaimin dan Abdullah, Pemikiran…, 169-170

===============================================================
Untuk File lengkap dalam form Word silahkan klik link download di bawah ini.

DISINI

Berbagi itu Indah

Minggu, 17 September 2017

CONTOH KISI DAN KARTU SOAL IPA 6 PTS 1 LENGKAP DENGAN CONTOH SOALNYA

CONTOH KISI DAN KARTU SOAL IPA 6 PTS 1 LENGKAP DENGAN CONTOH SOALNYA


Assalamu'allaikum wr.wb.
Selamat pagi selamat menjalankan aktifitas sehari-hari dan semoga Allah meridhloi, Aamiin.

Berikut MI Nurul Huda Bandung Akan Berbagi Contoh Kisi dan Kartu Soal PTS 1 Lengkap dengan Contoh Soalnya.

Maaf tak perlu berpanjang dan berlebar lebar karena terlalu panjang dan terlalu lebar tidaklah baik.
Langsung saja sedot di link berikut:

1. CONTOH KISI DAN KARTU SOAL IPA 6 PTS 1http://kimechanic.com/3WQ

2. CONTOH SOAL IPA 6 PTS 1

Terimakasih dan jika dirasa berguna silahkan dibagikan keteman yang lain .
 MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah

Jumat, 15 September 2017

CONTOH SURAT PERJANJIAN

CONTOH SURAT PERJANJIAN


Berikut MI Nurul Huda Bandung akan membagikan contoh Surat Perjanjian dalam format Word yang sangat mudah diedit, namun perlu diketahui oleh para pengunjung sekalian bahwa ini hanya sekedar contoh Surat Perjanjian.


DOWNLOAD DISINI

Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermnfaat

MI Nurul Huda Bandung
Berbagi Itu Indah

Kamis, 14 September 2017

INOVASI KURIKULUM

INOVASI KURIKULUM

Makalah Inovasi Kurikulum
MI Nurul Huda Bandung


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kurikulum merupakan inti dari bidang pendidikan dan memiliki pengaruh terhadap seluruh kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya kurikulum terhadap kehidupan manusia, maka penyusunan kurikulum tidak dapat di pandang sembarangan. Penyusunan kurikulum membutuhkan landasan-landasan yang kuat, yang didasarkan pada hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam.
Kurikulum sebagaimana yang ditegaskan dalam Pasal 1 ayat (19) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.  [1]
  Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan dari Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara terpadu.[2]
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa landasan kurikulum 2013?
2.      Bagaimana karakteristik kurikulum 2013?
3.      Bagaimana proses pembelajaran kurikulum 2013?
4.      Bagaimana bentuk penilaian pada kurikulum 2013?
C.    TUJUAN MASALAH
1.      Untuk mengetahui landasan kurikulum 2013.
2.      Untuk mengetahui karakteristik kurikulum 2013.
3.      Untuk menetahui proses pembelajaran kurikulum 2013.
4.      Untuk mengetahui bentuk penilaian kurikulum 2013.
D.    BATASAN MASALAH
Pada makalah ini kami membatasi permasalahan sebagai berikut:
1.      Landasan kurikulum 2013.
2.      Karakteristik kurikulum 2013.
3.      Proses pembelajaran kurikulum 2013.
4.      Bentuk penilaian kurikulum 2013.
 =================================================================
Untuk makalah Lengkap Silahkan Download di Link Berikut:
2. BAB II

Demikian Makalah Inovasi Kurikulum yang MI Nurul Huda Bandung bagikan, semoga bermanfaat.

Berbagi Itu Indah.



[1] Tim Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maliki, Materi PLPG,Malang,UIN Maliki Pres,2013,19

Rabu, 13 September 2017

CONTOH SOAL UTS 1 IPA KELAS 5 LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN, TINDAK LANJUT PERBAIKAN, PENGAYAAN SERTA KISI-KISI DAN KARTU SOAL

CONTOH SOAL UTS 1 IPA KELAS 5 LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN, TINDAK LANJUT PERBAIKAN, PENGAYAAN SERTA KISI-KISI DAN KARTU SOAL

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat siang rekan pengunjung yang berbahagia, kali ini MI Nurul Huda Bandung akan berbagi kumpulan soal UTS 1 Kelas 5 lengkap dengan Kunci Jawaban, contoh Kisi-kisi dan kartu soal, tindak lanjut dan pengayaan.


Silahkan didownload dan di bagikan jika dirasa berguna,
maaf ini hanya sekedar contoh yang bisa dijadikan rujukan saja.






Demikian dan terimakasih.

Berbagi Itu Indah.

Senin, 11 September 2017

CONTOH SOAL MIDLE SEMESTER I MAPEL PKN DAN SKI

CONTOH SOAL MIDLE SEMESTER I MAPEL PKN DAN SKI


Berikut contoh soal Midle Semester I matapelajaran PKN dan SKI untuk Madrrasah Ibtidaiyah (MI)
Semoga contoh soal Midle Semester I ini dapat membantu bagi Guru sebagai referensi dalam pembuatan soal Midle yang baik, dan bagi anak-anak sebagai bahan latihan.

Demikian silahkan di download di bawah ini :

1. SOAL MIDLE 1 PKn KELAS VI 

2. SOAL MIDLE 1 SKI KELAS III

MI Nurul Huda Bandung

Berbagi Itu Indah

Minggu, 10 September 2017

CONTOH BUKU KEGIATAN EKSTRA DAN PEMBIASAAN

CONTOH BUKU KEGIATAN EKSTRA DAN PEMBIASAAN

Selamat pagi selamat menjalankan aktifitas sehari-hari dan semoga Allah selalu menyertai kita , Aamiin.

Beriukut akan MI Nurul Huda Bandung Bagikan Format Contoh Buku Program Kegiatan Ekstra dan Pembisaan Madrasah,

File Lengkap
Download

DI SINI


Terimakasih atas kunjungannya
Berbagi itu indah

Kamis, 07 September 2017

CONTOH SK KEPALA MADRASAH TENTANG OPERATOR SEKOLAH/MADRASAH

CONTOH SK KEPALA MADRASAH TENTANG OPERATOR SEKOLAH/MADRASAH


Berikut MI Nurul Huda Bandung Bagikan Contoh SK Kepala Madrasah Tentang Pembagian Tugas Operator Sekolah/ Madrasah,

Silahkan di download jika dirasa penting dan dibutuhkan sebagai reverensi dalam Pembuatan dan penunjukan petugas Operator Sekolah/ Madrasah,

Download di SINI 

Terimakasih atas Kunjungannya, Bagikan Link Berikut jika disara berguna.


Berbagi Itu Indah