MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Wisuda di MI Bandung Sukorejo Gandusari Trenggalek.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Belajar bersukur dengan kebersamaan.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Selamat bekerja anak anak laksanakan tugasmu sesuai fungsimu sebagai pelajar dan pembelajar, tak perlu risau tak perlu mencari kerjaan lain diluar tugas mu.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Semakin banyak belajar semakin banyak yang diingat dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang diingat, bukan semakin banyak belajar semakin banyak yang di lupakan dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang lupa, ngono yo ngono neng yo ojo ngono

Selasa, 05 Desember 2017

CONTOH SOAL PAS GANJIL SKI KELAS 6

CONTOH SOAL PAS GANJIL SKI KELAS 6


I.      Pilihlah salah satu jawaban paling benar dengan menyilang ( X) huruf  a, b, c, atau d !
1.    Khalifah artinya . . .
a.       Pengganti
b.      Penerus
c.       Pejuang
d.      Pelayan

2.    Ar-Rasyidin artinya  . . .
a.       Cerdik
b.      Bodoh
c.       Jujur
d.      Dapat dipercaya

3.    Jumlah khulafa Ar-Rasyidin ada . . . .
a.       3
b.      4
c.       5
d.      6

4.    Sebagian ulama berpendapat bahwa khulafa Ar-Rasyidin ada 5, yang kelima adalah  . . .
a.       Ali bin Abi Thalib
b.      Umar bin Abdul Azzis
c.       Abu Bakar ash siddiq
d.      Ustman bin Affan

5.    Abu Bakar ash Siddiq lahir pada tahun  . . .
a.       571 M
b.      572 M
c.       573 M
d.      574 M

6.    Nama asli Abu Bakar ash Siddiq adalah  . . .
a.       Abdullah
b.      Abdul ka’bah
c.       Abdul Quhafah
d.      Abu Quhafah

7.    Rasullulah memberi gelar ash siddiq kepada Abu Bakar karena  . . .
a.       Menyenangkan
b.      Menyebarkan
c.       Membenarkan
d.      Menyetujui

8.    Abu Bakar ash siddiq adalah khalifah yang ke   . . .
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4

9.    Ibu  Abu Bakar ash siddiq bernama  . . .
a.       Sakhr
b.      Ummul Khair
c.       Ummu Kulsum
d.      Siti Aminah

10. Khalifah ke-3 adalah  . . .
a.       Abu Bakar ash Siddiq
b.      Ustman bin Affan
c.       Ali bin Abi Thalib
d.      Umar bin Khathab

11. Tugas khulafa Ar-Rasyidin adalah  . . .
a.       Berperang
b.      Sebagai kepala Negara
c.       Sebagai mubalig
d.      Sebagai nabi

12. Masa pemerintahan   Abu Bakar ash siddiq berlangsung selama  . . .
a.       11-13 H
b.      13-15 H
c.       11-14 H
d.      15-17 H

13. Ayah Abu Bakar ash siddiq bernama  . . .
a.       Umar bin Kaab
b.      Ummul Khair
c.       Abdullah
d.      Abu Quhafah

14. Nabi palsu pada zaman Abu Bakar yang mengajarkan bahwa umat Islam tak perlu mengerjakan shalat Subuh dan Magrib adalah  . . .
a.       Aswat Ansa
b.      Musailamah al- Kazab
c.       Aswat al-Kazab
d.      Musalamah

15. Abu Bakar meninggal dunia pada tahun  . . .
a.       10 H
b.      11 H
c.       12 H
d.      13 H

16   Umar bin Khatab lahir pada tahun  . . .
a.       571
b.      581
c.       573
d.      584

17   Ayah Umar bin Khatab bernama  . . .
a.       Abdil Uzza
b.      Hasyim
c.       Nufail
d.      Khatab

18   Berdasarkan silsilah dan keturunannya Umar bin Khatab berasal dari keluarga  . . .
a.       Bani Tamin
b.      Bani Adi
c.       Bani Saidah
d.       Bani Hanifah

19   Garis keturunan Umar dengan nabi bertemu pada  . . .
a.       Luayyi
b.      Ka’ab bin luai
c.       Hasyim
d.      Nufail

20   Umar berasal dari keluarga . . .
a.       Miskin
b.      Kaya raya
c.       Bangsawan
d.      Darah biru

21   Sahabat Rasullulah yang mengajar Al-Qur’an kepada Fatimah binti Khatab adalah  . . .
a.       Zait bin tsabit
b.      Sait bin Zait
c.       Khatab Ibnu Art
d.      Usamah bin Zait

22   Umar bin Khatab masuk Islam karena mendengan bacaan Surat  . . .
a.       Yasin
b.      Al- Fatikhah
c.       Thaha
d.      Ar-Rahman

23   Umar bin Khatab memiliki sifat yang  . . .
a.       Tegas dan keras
b.      Lemah lembut
c.       Ramah dan pemalu
d.      Pendiam

24   Karena ketegasan dan keberaniannya dalam hal kebenaran Umar bin Khatab digelari  . . .
a.       Al- Faruq/ pembela
b.      Ash Shidiq/ pembenar
c.       Saifullah / pedang Allah
d.      Asadullah / singa Allah

25   Khalifah Umar bin Khatab meninggal saat mengimami shalat  . .
a.       Subuh
b.      Dhuhur
c.       Ashar
d.      Isa’

26   Penyebab wafatnya Umar bin Khatab adalah  . . .
a.       Sakit
b.      Dibunuh
c.       Perang
d.      Disiksa

27   Kalender hijriah ditetapkan berdasarkan  . . .
a.       Isra’ mikraj nabi Muhammad saw.
b.      Kerasullan nabi Muhammad saw. Di gua hira
c.       Hijrah nabi Muhammad ke Madinah
d.      Kelahiran nabi Muhammad saw.

28   Bulan pertama pada kalender hijriah adalah . . . .
a.       Shafar
b.      Rajab
c.       Muharam
d.      Sya’ban

29   Bulan dalam tahun hijriah ada  . . . . bulan
a.       12
b.      11
c.       10
d.      9

30   Berikut yang tidak termasuk kebijaksanan Khalifah Umar bin Affan  . . . .
a.       Mendirikan baitul mal
b.      Mengadakan hisbah pasar
c.       Merampas harta rakyat
d.      Mencetak mata uang Negara

31   Utsman bin Affan lahir pada tahun  . . .
a.         576 M
b.        577 M
c.         578 M
d.        579 M

32   Utsman bin Affan lahir di kota . . .
a.         Mekah
b.        Madinah
c.         Thaif
d.        Syam

33       Selisih usia Utsman dan Rasullulah adalah . . .
a.     12 th
b.    10 th
c.     7 th
d.    5 th

34       Utsman bin Affan banyak tau tentang Rasullulah dari sahabatnya tang bernama  . . .
a.     Umar bin Khatab
b.    Abu Bakar ash Siddiq
c.     Umayah
d.    Ali bin Abi Thalib

35       Ustman ni Affan adalah khalifah yang ke -  . . .
a.     1
b.    2
c.     3
d.    4

36       Silsilah Utsman bin Affan dengan Rasullulah bertemu pada  . . .
a.     Hasyim
b.    Abu Ash
c.     Abdul Manab
d.    Abdullah

37       Sifat dan prilaku Utsman bin Affan yang perlu dijadikan teladan adalah  . . .
a.     Dermawan
b.    Berani
c.     Bakhil
d.    Cerdas

38       Pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan tim penyusun Al-Qur’an telah menulis dan menyusun Mushab sebanyak  . . .
a.     3
b.    4
c.     5
d.    6

39       Dzun Nurain artinya  . . .
a.     Dua mata
b.    Mendapat dua cahaya
c.     Dua hati
d.    Mendapat dua kebaikan
40       Dzul Hijratain artinya  . . .
a.     Dua cahaya
b.    Dua kali hijrah
c.Tiga kali hijrah
d.    Tiga cahaya

Selengkapnya silahkan Download  dan Klik  DISINI


Berbagi Itu Indah

Senin, 04 Desember 2017

MAKALAH PERMASALAHAN PENELITIAN KEPENDIDIKAN ISLAM

MAKALAH PERMASALAHAN PENELITIAN KEPENDIDIKAN ISLAM
BAB I
PENDAHULUAN

Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang sangat penting bagi pengembangan ilmu dan bagi pemecahan suatu masalah. Beberapa ilmuwan memulai kegiatan ilmiahnya dengan melakukan penelitian. Penelitian menjadi alat bagi ilmuwan untuk mengungkap tabir yang ada dibalik fenomena yang terjadi sehingga terungkap beberapa kebenaran yang sesungguhnya dan dapat dihasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat. Disamping itu, penelitian sangat berguna bagi pemecahan suatu masalah dengan mengambil pelajaran dari temuan penelitian. Dengan demikian, pada hakekatnya adalah upaya untuk mencari jawaban yang benar dan logis atas suatu masalah yang didasarkan atas data empiris yang terpercaya.
Melalui penelitian yang seksama dan sistematis, para ilmuwan dapat menemukan berbagai gejala atau praktik yang dapat dijadikan solusi terbaik bagi upaya pemecahan suatu masalah. Aktifitas penelitian merupakan suatu tahapan yang terus diikuti yang setiap langkahnya merupakan pengalaman yang menambah wawasan baru. Bukankah semakin banyak pengalaman orang, semakin bertambah pengetahuannya, semakin banyak alternatif untuk memecahkan masalah. Dengan demikian, penelitian meruapakan pengalaman yang berharga dan menjadi guru yang terbaik yang memberikan banyak pelajaran bagi orang yang mau memanfaatkannya.
Temuan-temuan penelitian mengungkap berbagai gelala atau praktik yang bila dikembangkan lebih lanjut dengan analisis yang tepat, terdapat praktik dan gejala yang satu sam lain saling berhubungan dan membentuk suatu ikatan yang kokoh untuk memecahkan suatu masalah dan bahkan dapat membangun suatu praktik terbaik. Disinilah, para ilmuwan menemukan konsep dan teori baru. Walaupun tidak semua ilmu pengetahuan dihasikan dari penelitian, namun tidak dipungkiri secara empirik bahwa hasil penelitian telah menghasilkan ilmu pengetahuan baru dan dijadikan salah satu metodologi ilmu. Dengan demikian, penelitian pada hakekatnya adalah suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah.
Penelitian merupakan suatu usaha menemukan pengetahuan ilmiah. Pengetahuan (knowledge) adalah sesuatu yang kita ketahui jumlahnya sangat banyak dan beragam, sedangkan pengetahuan ilmiah (science) adalah pengetahuan yang mengikuti aturan-aturan ilmiah. Walaupun tidak semua ilmu pengetahuan diperoleh dari hasil penelitian. Namun posisi penelitian menempati peran yang sangat strategik dalam menghasilkan ilmu pengetahuan yang terpercaya. Ilmu pengetahuan diperoleh seseorang dengan cara yang berbeda, ada yang melalui pengalaman langsung, bertanya kepada orang lain yang lebih paham, membaca buku, atau bahkan tidak sengaja diperoleh dari pergaulan atau komunikasi yang terjalin.[1]
Penelitian merupakan aktifitas yang menggunakan kekuatan pikir dan aktifitas observasi dengan menggunakan kaidah-kaidah tertentu untuk menghasilkan ilmu pengetahuan guna memecahkan suatu persoalan. Bagaimanapun juga, hasil penelitian yang valid dan reliabel dapat menghasilkan kesimpulan-kesimpulan yang berguna bagi ilmu penegtahuan dan bahkan menjadi ilmu pengetahuan itu sendiri yang bisa berupa konsep atau teori yang dapat digunakan untuk memahami, mendeskripsikan, menjelaskan, mengontrol dan memprediksikan suatu fenomena. Aktifitas tersebut sangat berguna bagi upaya pemecahan dan memverifikasinya dengan fenomena empirik untk mendapatkan data dan fakta yang sesungguhnya atau yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Fakta dan data diolah, secara tepat dengan metode yang relevan dan dianalisis secara mendalam yang melibatkan verification logical framework dalam menyajikan temuan-temuan dan kesimpulan yang dapat dijadikan rujukan bagi pemecahan masalah dan bagi pengembangan disiplin ilmu.[2]
Kedudukan masalah dalam alur prosedur penelitian sangatlah penting, bahkan lebih penting dari solusi atau jawaban yang akan diperoleh/ dicari, karena masalah yang dipilih dapat menentukan perumusan masalah, tujuan, hipotesis, kajian pustaka yang akan digunakan bahkan juga untuk menentukan metodologi yang tepat untuk memecahkannya.
Dalam dunia pendidikan banyak fenomena-fenomena dan suatu masalah yang kompleks dan kait-mengkait yang perlu dipecahkan dalam suatu penelitian. Namun tidak semua masalah itu harus dipecahkan secara ilmiah.
Oleh karena itu, makalah ini akan membahas masalah-masalah dalam dunia pendidikan terutama pada pendidikan Islam, dan berusaha memaparkan hal-hal yang terkait dengan permasalahan penelitian dengan judul makalah “PERMASALAHAN PENELITIAN KEPENDIDIKAN ISLAM.”

Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apakah definisi masalah dalam Penelitian Pendidikan Islam?
2.      Bagaimana mengidentifikasi dan memilih masalah penelitian?
3.      Bagaimana cara merumuskan masalah penelitian?
4.      Apa saja sumber-sumber masalah penelitian?
5.      Apa bentuk-bentuk masalah penelitian?

Dengan mengetahui rumusan masala diatas, tujuan pembahasan makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui definisi masalah dalam Penelitian Pendidikan Islam
2.      Untuk mengidentifikasi dan memilih masalah penelitian
3.      Untuk mengetahui cara-cara merumuskan masalah penelitian
4.      Untuk mengetahui sumber-sumber masalah penelitian
5.      Untuk mengetahui bentuk-bentuk masalah penelitian



[1] Djam’an Satori, Aan Komariyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung, Alfabeta, 2011), hal 2.
[2] Ibid, hal 4

BUKU PENJASORKES SD/MI KELAS 5 DAN 6

BUKU PENJASORKES  SD/MI KELAS 5 DAN 6

Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat bertemu kembali dengan MI Nurul Huda Bandung, kali ini MI Nurul Huda Bandung akan berbagi Buku Penjasorkes SD/MI kelas 5 dan 6.

Baiklah langsung saja berikut Link Downloadnya:
  1. 5ASYIKNYA BEROLAHRAGA_SD5_TRI
  2. 5PENJASORKES_SD5_FARIDA
  3. 5PENJASORKES_SD5_TRI
  4. 6PENJASORKES_SD6_DENI
  5. 6PENJASORKES_SD6_EDY
  6. 6PENJASORKES_SD6_ENDANG
  7. 6PENJASORKES_SD6_JUARI
  8. 6PENJASORKES_SD6_SUYATNO
Demikian Download Buku Penjasorkes yang dapat MI Nurul Huda Bandung bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Berbagi Itu Indah

Jumat, 01 Desember 2017

LATIHAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 IPA KELAS 6

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 1 IPA Kelas 6

1. Berikut ini tumbuhan yang dapat hidup di daerah kering adalah ....

  • a. teratai
  • b. kaktus
  • c. anggrek
  • d. eceng gondok

2. Tumbuhan kaktus mempunyai daun yang tebal bertujuan untuk ....

  • a. mempercepat penguapan
  • b. mempermudah penyerapan air
  • c. mengurangi penguapan
  • d. mempermudah membuat makanan

3. Daun teratai tipis dan lebar, bertujuan untuk ....

  • a. mempermudah menyerap udara
  • b. mempercepat membuat makanan
  • c. mempercepat penguapan
  • d. mempermudah menyerap air

4. Berikut ini bagian tumbuhan yang berfungsi mengambil air dan unsur hara dari dalam tanah adalah ....

  • a. batang
  • b. akar
  • c. daun
  • d. ranting

5. Hewan yang berkembang biak dengan bertelur adalah ....

  • a. sapi
  • b. ayam
  • c. kerbau
  • d. kucing

6. Berikut ini hewan yang tidak menyusui anaknya adalah ....

  • a. kambing
  • b. burung
  • c. kucing
  • d. anjing

7. Hewan yang menjulurkan lidahnya untuk menangkap mangsanya adalah ....

  • a. gajah
  • b. kelelawar
  • c. kadal
  • d. kambing

8. Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah ....

  • a. mangga
  • b. bawang merah
  • c. pisang
  • d. kacang tanah

9. Tumbuhan yang hidup di daerah perairan adalah ....

  • a. kaktus
  • b. ketela pohon
  • c. eceng gondok
  • d. pohon jati

10. Perhatikan gambar bunga di bawah ini!  Bagian bunga yang ditunjuk dengan angka 1 di samping disebut ....

  • a. putik
  • b. kepala putik
  • c. mahkota bunga
  • d. benang sari

11. Bagian tumbuhan jati yang dimanfaatkan adalah ....

  • a. daun
  • b. batang
  • c. bunga
  • d. buah

12. Bagian tubuh gajah yang dimanfaatkan adalah ....

  • a. bulu
  • b. kulit
  • c. gading
  • d. daging

13. Berikut ini hormon yang memengaruhi perkembangan pada anak laki-laki adalah ....

  • a. testoteron
  • b. progesteron
  • c. protrombin
  • d. estrogen

14. Berikut ini yang bukan merupakan perubahan fisik pada perempuan yang puber adalah ....

  • a. tumbuh kumis
  • b. pinggul membesar
  • c. kulit wajah menjadi halus
  • d. payudara membesar

15. Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut ....

  • a. isolator
  • b. kondensator
  • c. transistor
  • d. konduktor

16. Berikut ini yang termasuk benda isolator adalah ....

  • a. besi dan kayu
  • b. kayu dan tembaga
  • c. kayu dan karet
  • d. kaca dan besi

17. Berikut ini bahan yang mempunyai sifat elastis adalah ....

  • a. kayu
  • b. kaca
  • c. besi
  • d. karet

18. Berikut ini benda yang digunakan untuk menyimpan air dan air tetap panas adalah ....

  • a. gelas
  • b. termos
  • c. panci
  • d. cerek

19. Berikut ini yang tidak dapat mengalami pembusukan adalah ....

  • a. nasi
  • b. roti
  • c. kantung plastik
  • d. kayu

20. Berikut ini benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik adalah ....

  • a. besi dan tembaga
  • b. besi dan kayu
  • c. karet dan tembaga   
  • d. tembaga dan plastik

21. Balon yang terkena sinar matahari lama-kelamaan akan pecah. Hal ini terjadi karena ....

  • a. karet balon tipis
  • b. balon meleleh
  • c. gas dalam balon mengerut
  • d. gas dalam balon memuai

22. Saat Andi mengaduk air kopi, ia merasakan gagang sendok yang dipegang-nya
menjadi panas. Hal ini menunjukkan perpindahan panas secara ....

  • a. radiasi
  • b. polusi 
  • c. konduksi
  • d. KonveksI

23. Sambungan rel kereta api dibuat renggang untuk memberikan tempat saat terjadi ....

  • a. pergeseran
  • b. pemuaian 
  • c. perpindahan rel
  • d. Pengerutand

24. Hewan atau tumbuhan yang hampir punah dan dilindungi disebut hewan atau tumbuhan ....

  • a. purba
  • b. langka
  • c. jinak
  • d. khusus

25. Berikut ini hewan yang berasal dari Pulau Kalimantan adalah ....

  • a. gajah
  • b. orangutan
  • c. cendrawasih
  • d. harimau

Download File DISINI
atau baca juga Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 3 DISINI

Demikian Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 1 IPA Kelas 6 semoga bermanfaat dan dapat membantu,

Berbagi Itu Indah