MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Wisuda di MI Bandung Sukorejo Gandusari Trenggalek.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Kegiatan Upacara Bendera yang diadakan setiap hari Senin.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Belajar bersukur dengan kebersamaan.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Selamat bekerja anak anak laksanakan tugasmu sesuai fungsimu sebagai pelajar dan pembelajar, tak perlu risau tak perlu mencari kerjaan lain diluar tugas mu.

MI NURUL HUDA BANDUNG SUKOREJO

Semakin banyak belajar semakin banyak yang diingat dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang diingat, bukan semakin banyak belajar semakin banyak yang di lupakan dan semakin sedikit belajar semakin sedikit yang lupa, ngono yo ngono neng yo ojo ngono

Jumat, 29 September 2017

MAKALAH PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF





BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif adalah  jenis penelitian yang cukup sering digunakan. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian di bidang ilmu-ilmu eksakta dengan aktivitas yang didasarkan pada disiplin  ilmiah dari masing-masing ilmu, juga menggunakan matateri perlakuan yang disusun dalam rancangan-rancangan yang sudah baku dengan tujuan untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan.
Penelitian kualitatif adalah prosedur peneletian yang bertujuan meneliti suatu masalah dengan cara merumuskan permasalahan lalu meneliti dengan cara mendalam yaitu pengalaman, pencatatan, wawancara, dan terlibat dalam proses penelitian guna menemukan penjelasan berupa pola-pola, deskripsi, dan menyusun indikator.
Perbedaan kedua metode tersebut, tidak semata-mata yang satu menggunakan angka dan yang satu lagi tidak. Perbedaan kedua metode tersebut meliputi aksioma dasar, proses penelitian, dan karakteristik (ciri-ciri) penelitian itu sendiri. Dari segi proses, penelitian kuantitatif bersifat deduktif dan penelitian kualitatif bersifat induktif.
Namun dalam pembahasan makalah ini pemakalah tidak akan membahas ke-dua jenis penelitian tersebut, akan tetapi pemakalah akan mempersempit pembahasan hanya pada Penelitian Kuantitatif sesuai judul pada makalah ini.


B.           Rumusan Masalah
1.                  Apa pengertian  peneletian kuantitatif ?
2.                  Bagaimana sejarah munculnya penelitian kuantitatif ?
3.                  Bagaimana konsep dasar penelitian kuantitatif?
4.                  Bagaimana karakteristik penelitian kuantitatif ?
5.                  Bagaimana langkah-langkah penelitian kuantitatif ?

 
 


C.          Tujuan Masalah
1.                     Untuk mengetahui pengertian  penelitian kuantitatif.
2.                     Untuk mengetahui sejarah munculnya penelitian kuantitatif.
3.                     Untuk mengetahui konsep dasar penelitian kuantitatif.
4.                     Untuk mengetahui karakteristik penelitian kuantitatif.
5.                     Untuk mengetahui langkah-langkah penelitian kuantitatif.



                                                                        BAB II                                                                       
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Kuantitatif.
Penelitian kuantitatif adalah penelitian di bidang ilmu-ilmu eksakta dengan aktivitas yang didasarkan pada disiplin ilmiah dari masing-masing ilmu, juga menggunakan materi perlakuan yang susun dalam rancangan-rancangan yang sudah baku dengan tujuan untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Penelitian yang masuk kedalam penelitian kuantitatif adalah penelitian-penelitian ekperimental untuk menguji hipotesis yang dikemukakan[1]
Definisi tersebut, memberi pemahaman bahwa pendekatan atau metode kuantitatif lazim digunakan dalam disiplin ilmu-ilmu sains dan eksakta, namun metode kuantitatif juga banyak digunakan dalam penelitian pendidikan.
Dalam penelitian kuantitaif pada ilmu sosial atau pendidikan, tugas peneliti adalah menguji adalah menguji suatu teori-teori pendidikan dengan cara membuat hipotesa-hipotesa, membuat instrumen membuat hipotesis, dan menguji hipotesisnya.
Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan[2]

           B.     Sejarah Munculnya Penelitian Kuantitatif.

Penelitian kuantitatif dimulai pada akhir abad 19 dan penelitian pendidikan mendominasi untuk sebagian besar abad ke-20. Ide-ide awal untuk penelitian kuantitatif berasal dari ilmu fisika, seperti fisika dan kimia. sama seperti atom dan molekul yang tunduk pada las dan aksioma yang telah diprediksi. Begitu juga, seperti pola akhlak (sikap dan tingkah laku) anak-anak di sekolah. Penelitian awal kuantitatif mulai mengidentifikasi pola-pola pendidikan dengan menilai atau mengukur kemampuan individu. Mengumpulkan skor (angka) dari individu, dan menggunakan prosedur percobaan psikologis dan survey berskala besar.
Dalam sejarah perkembangan penelitian kuantitatif, tiga tren historis yang hadir adalah prosedur statistik, praktek/tes dan pengukuran, dan design penelitian.[3] Namun dalam dalam makalah ini tidak akan membahas lebih jauh tentang  ke-tiga tren tersebut diatas.

C.     Konsep dasar Penelitian Kuantitatif.
Metode kuantitatif berakar pada paradigma tradisional, positivistik, eksperimental atau empiricist. Metode ini berkembang dari tradisi pemikiran empiris Comte, Mill, Durkeim, Newton dan John Locke. “Gaya” penelitian kuantitatif biasanya mengukur fakta objektif melalui konsep yang diturunkan pada variabel-variabel dan dijabarkan pada indikator-indikator dengan memperhatikan aspek reliabilitas.
Penelitian kuantitatif bersifat bebas nilai dan konteks, mempunyai banyak “kasus” dan subjek yang diteliti, sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk data statistik yang berarti. Hal penting untuk dicatat di sini adalah, peneliti “terpisah” dari subjek yang ditelitinya.
Pada hakikatnya setiap penelitian kuantitatif dalam ilmu-ilmu sosial menerapkan filosofi yang disebut deducto hipothetico verifikatif artinya, masalah penelitian dipecahkan dengan bantuan cara berpikir deduktif melalui pengajuan hipotesis yang dideduksi dari teori-teori yang bersifat universal dan umum, sehingga kesimpulan dalam bentuk hipotesis inilah yang akan diverifikasi secara empiris melalui cara berpikir induktif dengan bantuan statistika inferensial. Pengamatan kuantitatif melibatkan pengukuran tingkatan suatu ciri tertentu. Untuk menemukan sesuatu dalam pengamatan, pengamat harus mengetahui apa yang menjadi ciri sesuatu itu. Untuk itu pengamat mulai mencatat atau menghitung dari satu, dua, tiga dan seterusnya.
Berdasarkan pertimbangan dangkal demikian, kemudian peneliti menyatakan bahwa penelitian kuantitatif mencakup setiap penelitian yang didasarkan atas perhitungan persentase, rata-rata dan perhitungan statistik lainnya. Dengan kata lain, penelitian kuantitatif melibatkan diri pada perhitungan atau angka atau kuantitas. Hasil analisis kuantitatif cenderung membuktikan maupun memperkuat teori-teori yang sudah ada.

D.    Karakteristik Penelitian Kuantitatif.
Adapun karateristik penelitian kuantitatif adalah:[4]
1.        Instrumen Pengumpulan Data.
Pada penelitian ini instrumen data berupa tes tertulis, kuesioner,dan kolom-kolom pengamatan yag dibantu dengan alat tulis. Peneliti dapat menugaskan sejumlah enumerator (petugas pengumpul data). Karena data yang akan dikumpulkan serta isntrumen yang digunakan sudah baku. Insturmen penelitiannya telah disiapkan sebelumnya, sehingga tidak mungkin untuk melakukan perubahan.

2.       Data Dapat Diobservasi Dan Diukur
Dalam penelitian kuantitatif, analisis datanya menggunakan proses matematik yang disebut prosedur statistik, seperti menyediakan informasi untuk menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian.

3.       Rancangan Penelitian atau Desain
Dipakai untuk menuju pada rencana penelitian tentang bagaimana ia akan melaksanakan penelitian. Dalam hal ini termasuk di dalamnya langkah-langkah /prosedur,  yang terdiri dari :pengumpulan data menganalisis dan melaporkan hasil penelitian.


4.       Jumlah Subjek Banyak
Semakin banyak subjek (anggota sampel) yang diteliti semakin kuat keabsahan jeneralisasi

Sedangkan Sugiono menyebutkan karakteristik penelitian kuantitatif sebagai berikut:[5]
    1.  Desain
      a.   Spesifik, jelas rinci.
      b.   Ditentukan secara mantap sejak awal.
      c.   Menjadi pegangan langkah demi langkah.
  2. Tujuan
      a.   Menunjukkan hubungan antara variabel.
      b.   Menguji teori.
      c.   Mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif.
  3. Teknik pengumpulan data
      a.   Kuesioner.
      b.   Observasi dan wawancara terstruktur.
  4. Instrumen penelitian
      a.   Test, angket, wawancara terstruktur.
      b.   Instrument yang telah terstandar.
  5. Data
      a.   Kuantitatif
      b.   Hasil pengukuran variabel yang dioperasionalkan dengan menggunakan
                   instrument.
  6. Sampel
      a.   Besar.
      b.   Representative.
      c.   Sedapat mungkin radom.
      d.   Ditentukan sejak awal.
  7. Analisis
      a.   Setelah selesai pengumpulan data.
      b.   Deduktif.
      c.   Menggunakan statistic untuk menguji hipotesis.
8. Hubungan dengan responden
      a.   Dibuat berjarak.
      b.   Kedudukan peneliti lebih tinggi dari pada responden.
      c.    Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan.


Sedangkan Perbedaan yang terdapat antara Penelitian kuantitatif  dan kualitatif dapat di lihat pada tabel berikut:[6]

dan ...................seterusnya.

=======================================================================
 Untuk mendownload file lengkap silahkan klik tautan di bawah ini:

DISINI

Berbagi Itu Indah

[1] Mudji santoso dalam jurnal penelitian kuantitatif,12.
[2] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, 2012, Bandung: Alfabeta,14.
[3] https://bkpemula.wordpress.com/2011/12/04/sejarah-kuantitatif-dan-kualitatif/Tgl 31 Maret 2015 (lihat De Landsheere, 1998 dan Travers, 1992, untuk pembahasan lebih luas)

[5] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan …,15.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan …,16

Kamis, 28 September 2017

SOAL PTS 1 BAHASA INDONESIA KELAS 5

SOAL PTS 1 BAHASA INDONESIA KELAS 5



ULANGAN TENGAH SEMESTER 1

MATA PELAJARAN   : Bahasa Indonesia
KELAS                       : 5 (lima)

NAMA                         :
Nilai                            :

A. Pilihlah salah satu jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap benar!

Bacaan  berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-3
     Pemerintah mencanangkan program pengalihan pemakaian bahan bakar dari minyak tanah ke gas. Program ini bertujuan menghemat subsidi minyak tanah yang semakin memberatkan anggaran pengeluaran pemerintah. Apalagi cadangan gas negara kita lebih banyak daripada cadangan minyak bumi kita. Karena itu, pemerintah pengalihan pemakaian bahan bakar dari minyak tanah ke gas adalah sebuah solusi.
     Setelah beberapa tahun program pengalihan pemakaian bahan bakar dari minyak tanah ke gas berjalan, ternyata banyak kekurangan dan kerugian yang terjadi. Pemerintah kurang mempersiapkan stok gas elpiji sehingga sempat menimbulkan kelangkaan di pasaran. Apalagi ternyata kualitas tabung gas dan selang gas sangat rendah sehingga menimbulkan kebocoran. Akibatnya, banyak terjadi kebakaran yang disebabkan meledaknya tabung gas yang bocor.

1. Pemerintah melihat pengalihan pemakaian bahan bakar dari....ke gas adalah sebuah solusi.
a. air mineral
b. susu
c. karbon
d. minyak tanah

2. pemerintah mencanangkan ....pengalihan pemakaian bahan bakar dari minyak tanah ke gas
a. tender
b. proyek
c. program
d. acara

3. Apalagi cadangan gas negara kita ...daripada cadangan minyak bumi kita.
a. sama
b. lebih sedikit
c. kurang
d. lebih banyak

4. Kualitas tabung gas dan ....sangat rendah sehingga sering menimbulkan kebocoran
a. selang gas
b. kompor minyak
c. sumbu
d. isinya

5. Pak Guru  : Putri tolong anting-antingmu, kamu lepas dan simpan!
    Putri         : Mengapa, Pak? nanti tidak cantik
    Dava        : Iya pak, nanti seperti anak laki-laki
    Pak Guru : Demi keamanan dan keselamatan kslisn sendiri
Isi dari percakapan diatas adalah....
a.  siswa lelaki tidak boleh memakai perhiasan
b.  tidak boleh meminta perhiasan di sekolah
c.  perhiasan tidak dilarang dipakai di sekolah
d.  anak-anak perempuan jangan seperti laki-laki

6. Paragraf adalah bagian dari sebuah karangan atau teks yang memuat ....
a. bacaan
b. tulisan
c. simpulan
d. satu ide pokok

7. Artikel koran:
" Air buangan dari kincir merupakan arus deras pada kolam ikan dipinggir sawah. Ikan akan lebih cepat besar karena bergerak terus. Dari kolam ikan itu dibuat pintu air yang dialirkan ke sawah-sawah kampung. Sisa makanan ikan dan kotoran menjadi pupuk alam pada sawah penduduk."

Tanggapan yang masuk akal mengenai isi artikel koran di atas adalah....
a. kincir air dapat membuat humus tanah hanyut sehingga sawah tidak subur
b. berkat kincir air, kehidupan ikan dan padi kurang baik
c. kincir air kurang baik bagi pertanian karena mengakibatkan banjir
d. berkat kincir air, ikan menjadi lebih cepat dan padi di sawah menjadi subur

8. kalimat harapan biasanya ditandai dengan penggunaan kata-kata...
a. harap
b. semoga
c. harap, mudah-mudahan, semoga
d. mudah-mudahan

9. Semoga anakmu kelak menjadi anak yang pandai. Ini adalah contoh kalimat....
a. semoga
b. doa
c. harapan
d. keinginan

10. Cerita rakyat adalah cerita yang tumbuh dan berkembang disuatu....
a. kota
b. kampung
c. daerah
d. istana


B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Ekspresi adalah gerakan wajah yang menggambarkan perasaan, baik perasaan....
2. Sebuah cerita rakyat mengandung unsur-unsur instrinsik, yang meliputi.....
3. Gambar seri yang tersusun....dapat kita urutkan sehingga membentuk suatu cerita
4. Kalimat tanya biasanya menggunakan kata tanya seperti....
5. Kalimat harapan adalah kalimat yang mengungkapkan suatu harapan atau ...agar bisa terjadi.
6. Tanggapan berarti sambutan atau komentar terhadap ucapan....
7. Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan wawancara adalah...
8. Tanggapan bisa berupa.....
9. Hal-hal yang harus diperhatikan selama  melakukan wawancara adalah...
10. Bagian-bagian surat pribadi adalah.....


==========
Soal Lengkap silahkan download di 


Berbagi Itu Indah

KUMPULAN SOAL IPA KELAS 6 SEMESTER 1

KUMPULAN SOAL IPA KELAS 6 SEMESTER 1

Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat pagi selamat beraktifitas, semoga kita semua selalu dalam lindunganNya selalu.

Bapak ibu saudara pengunjung yang budiman, kali ini MI Nurul Huda bandung akan membagikan kumpulan soal IPA Kelas 6 semester 1, semoga bersama ini dapat membantu dan bermanfaat bagi semua. 

A.Mari memilih jawaban yang paling benar!
1. Kelelawar banyak hidup di ....
a. alam terbuka                                    c. pegunungan
b. pepohonan                                       d. gua

2. Kadal menangkap mangsanya dengan ....
a. kakinya                                            c. lidahnya
b. tangannya                                        d. ekornya

3. Kelelawar dapat mengetahui benda-benda yang ada di depannya karena bunyi yang ....
a. diserap                                             c. dibelokkan
b. dipantulkan                                     d. diperbesar\

4. Ciri khusus suatu hewan sesuai dengan ....
a. tingkah lakunya                          c. lingkungannya
b. makanannya                              d. kebiasaannya

5. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya disebut ....
a. habitat                                        c. ekosistem
b. adaptasi                                     d. perubahan

6. Ciri khusus yang dimiliki cecak berdasarkan tempat hidupnya adalah ....
a. lidahnya pendek                         b. terdapat bahan perekat pada kakinya
c. dapat memutuskan ekornya       d. bahan perekat pada kakinya

7. Tumbuhan teratai memiliki daun yang lebar bertujuan untuk ....
a. mudah memperoleh air                    b. memperlambat penguapan
c. mempercepat penguapan                 d. mempercepat pertumbuhan

8. Berikut ini tumbuhan yang hidup di air adalah ....
a. kaktus                                              b. jati
c. enceng gondok                                d. keladi

9. Daun teratai lebar dan tipis bertujuan untuk ....
a. mempermudah pertumbuhan           b. mempercepat penguapan
c. mengurangi penguapan                   d. mempercepat fotosintesis

10. Ikan air tawar tidak bertahan hidup bila dipindah ke air laut karena ....
a. lingkungannya sama                        b. tidak ada makanan
c. banyak pemangsa                            d. lingkungan hidupnya berbeda

11. Kaktus dan teratai berturut-turut hidup di daerah ....
a. kering dan panas                             b. kering dan berair
c. berair dan kering                             d. semua benar

11. Dan seterusnya ....

Kumpulan soal selanjutnya yang lebih jelas dan dapat diedit silahkan download di bawah ini:






Demikian Kumpulan Soal IPA 6 Semester 1 yang MI Nurul Huda Bandung Bagikan,
Semoga bermanfaat.


Berbagi Itu Indah